Selasa 08 Oct 2019 13:46 WIB

Cetak 39 Gol Lagi, Messi akan Sejajar dengan Pele

Messi minimal mengoleksi 40 gol untuk Barca setiap musim dalam 10 tahun terakhir.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Rekor Lionel Messi
Foto: Republika
Rekor Lionel Messi

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Bintang Barcelona Lionel Messi di ambang mematahkan rekor legenda sepak bola Brasil, Pele. Pele telah lama memegang rekor pencetak gol terbanyak di dunia dengan total 643 gol selama 18 tahun di klub Brasil, Santos.

Dikutip dari AS, Selasa (8/10), Messi hanya butuh 39 gol lagi untuk bisa menjadi legenda dunia layaknya pemain bernama asli Edson Arantes do Nascimiento tersebut.

Baca Juga

Sebelum kemunculan Messi, tidak ada pemain yang benar-benar mengancam rekor Pele yang nyaris tak bisa dipatahkan. Hanya Gerd Muller, yang mencetak 565 gol untuk Bayern Muenchen dari tahun 1964 sampai 1979, yang hampir meraih rekor gol Pele.

Namun, sosok Messi kemudian muncul. Gol pemain asal Argetina ke gawang Sevilla pekan lalu membuat tabungan golnya menjadi 604 untuk Barca. Artinya, tinggal 39 gol  yang dibutuhkan Messi untuk bisa sejajar dengan Pele.

photo
Legenda timnas Brasil, Pele

Bukan hal yang sulit bagi La Pulga, julukan Messi, untuk mengoleksi 39 gol. Mengingat ia paling tidak mengoleksi 40 gol untuk La Blaugrana setiap musimnya dalam 10 tahun terakhir. Dalam penampilannya ke-691-nya untuk Barca sejak debut pada 2004, Messi telah mencetak 420 gol di La Liga Spanyol, 112 gol di Liga Champions, 51 di Copa del Rey, dan 13 di Piala Super Spanyol. Sisanya di Piala Dunia Antarklub sebanyak lima gol dan tiga di Piala Super Eropa.

Menariknya, 100 dari 604 gol Messi dicetak dari luar kotak penalti. 43 gol di antaranya melalui skema tendangan bebas.

Dari 100 gol tersebut juga, 13 gol ditorehkannya saat melawan Sevilla, delapan melawan Espanyol, dan enam ke gawang Athletic Bilbao dan Atletico Madrid. Jika dirinci di tiap kompetisi, 71 gol diciptakannya di La Liga Spanyol, 18 di Liga Champions, delapan di Copa del Rey, dua di Piala Super Spanyol, dan satu di Piala Super Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement