Jumat 11 Oct 2019 17:14 WIB

Berbatov Sarankan Manchester United Rekrut Mandzukic

Berbatov menyebut keuntungan lain yang didapat United bila merekrut Mandzukic

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Mario Mandzukic
Foto: EPA-EFE/Alessandro Di Marco
Mario Mandzukic

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan striker Manchester United (MU), Dimitar Berbatov, menilai, akan lebih baik buat MU untuk berupaya mendatangkan penyerang Juventus, Mario Mandzukic, pada bursa transfer pemain mendatang. Pengalaman dan ketajaman Mandzukic bisa membantu meningkatkan performa lini serang United.

Performa United memang terus menjadi sorotan. Kekalahan 0-1 dari Newcastle United pada pekan kedelapan Liga Primer Inggris, akhir pekan lalu, memperpanjang rekor minor United. Tim besutan Ole Gunnar Solskjaer itu tercatat tidak pernah menang di tiga laga terakhir Liga Primer Inggris.

Baca Juga

Alhasil, posisi United di papan klasemen sementara Liga Primer terus melorot. Mengakhiri pekan kedelapan dengan koleksi sembilan poin, MU terpuruk di peringkat ke-12, dan hanya terpaut dua poin dari zona degradasi. Tumpulnya lini depan, yang berpangkal pada cederanya Anthony Martial dan belum matangnya Mason Greenwood, serta menurunnya performa Marcus Rashford, menjadi salah satu alasan buruknya performa MU.

Untuk itu, Berbatov menyarankan, MU bisa merekrut penyerang baru yang lebih berpengalaman. Nama penyerang asal Kroasia, Mario Mandzukic, pun muncul. Saat ini, Mandzukic memang tersingkir di skuat Juventus pasca-kedatangan pelatih Maurizio Sarri.

''Setiap orang bisa melihat, United memerlukan penyerang tambahan, setelah Martial cedera. Saat ini, United tidak memiliki penyerang yang bisa diandalkan dan terbukti tajam. Mereka mungkin memiliki pemain muda, tapi di saat bersamaan, Anda juga membutuhkan pemain seperti Mario Mandzukic. Dia adalah penyerang yang cukup bagus,'' kata Berbatov kepada Betfair seperti dikutip Football Italia, Jumat (11/10).

photo
Dimitar Berbatov

Bahkan, striker United pada kurun waktu 2008 hingga 2011 itu menyebut, kehadiran Mandzukic di skuat MU bisa memberikan dampak yang sama kala Iblis Merah merekrut Zlatan Ibrahimovic pada 2016 silam. Pada saat itu, Ibrahimovic mampu mencetak 26 gol pada musim debutnya bersama United.

''Zlatan berusia 34 tahun saat dia datang ke United dan dia tidak memiliki masalah beradaptasi. Mandzukic hanya berselisih satu tahun lebih muda dibanding Zlatan. Dia bisa memberikan dampak yang sama seperti saat Ibrahimovic datang,'' jelas mantan penyerang timnas Bulgaria tersebut.

Tidak hanya itu, Berbatov menyebut, keuntungan lain yang didapat United bila merekrut Mandzukic adalah memberikan kesempatan pada para penyerang muda United, seperti Martial, Greenwood, dan Rashford untuk belajar kepada striker asal Kroasia tersebut. ''Mereka bertiga adalah pemain muda dan masih membutuhkan waktu. Mereka juga bisa belajar banyak pada Mandzukic, jika dia bergabung dengan United,'' kata Berbatov.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement