Sabtu 12 Oct 2019 11:08 WIB

Southgate Akui Penampilan Timnas Inggris Buruk

Southgate siap menerima kritik dan masukan demi kebaikan timnas Inggris,

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.
Foto: EPA-EFE/MARTIN DIVISEK
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih kepala tim nasional Inggris Gareth Southgate mengakui penampilan the Three Lions buruk dalam kekalahan 1-2 melawan Republik Ceska pada laga Grup A Kualifikasi Euro 2020 di Stadion Sinobo, Praha, Sabtu (12/10) dini hari WIB. Kekalahan ini perdana bagi Inggris dalam kualifikasi Piala Eropa 2020, sekaligus dan membuat rekor tak terkalahkan Inggris selama 10 tahun dalam kualifikasi Euro dan Piala Dunia terhenti dalam 43 laga. Southgate siap menerima kritik dan masukan demi kebaikan timnas Inggris.

"Kami harus segera merespons kekalahan ini dan menerima kritik yang datang pada kami. Kami akui malam ini kami tidak melakukan cukup banyak untuk memenangkan pertandingan," ujar Southgate dikutip dari Sky Sports, Sabtu (12/10).

Baca Juga

Oeluang Inggris tentu masih terjaga. Namun, Southgate mengakui bukan hal mudah bagi Inggris untuk menjadi tim terbaik Eropa. Meski kalah, Inggris masih memuncaki klasemen dengan 12 poin dari lima pertandingan. Ceska menempel di posisi kedua dengan poin yang sama tapi kalah selisih gol dan sudah memainkan enam laga. 

Inggris masih dapat lolos kualifikasi jika the Three Lions berhasil mengalahkan Bulgaria pada Selasa (15/10) dini hari WIB, di samping itu Inggris juga harus menunggu hasil pertandingan antara Kosovo melawan Montenegro, posisi Inggris aman jika Kosovo tidak mengalahkan Montenegro.

"Kami selalu sangat realistis tentang tempat kami duduk. Kami memiliki tim yang menyenangkan yang biasanya terlihat seperti mencetak gol. Kami tahu ada jalan panjang bagi kami untuk menjadi salah satu tim top di Eropa," lanjut dia.

Pada pertandingan melawan Ceska, Inggris sebetulnya telah mengawali laga dengan baik. Kane membawa Inggris unggul lebih dulu pada menit kelima lewat tendangan penalti. Namun, keunggulan Timnas Inggris tidak bertahan lama. Empat menit kemudian, Jakub Brabec mencetak gol penyeimbang dengan memanfaatkan umpan dari tendangan sudut. Skor 1-1 pun bertahan hingga turun minum. Empat menit jelang waktu normal berakhir, pemain pengganti Zdenek Ondrasek mampu mencetak gol kedua bagi Ceska saat memanfaatkan umpan tarik Luka Masopust. Skor 2-1 bertahan hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit.

"Performa kami tidak cukup baik, sesederhana itu. Kami mungkin seharusnya mendapat hasil imbang, tetapi pada akhirnya gol yang kami kemas adalah tipikal dari peluang yang kami berikan sepanjang malam. Ada hal-hal yang dapat kita lihat kembali, tetapi secara kolektif kami harus menerima bahwa tidak ada pertunjukan yang cukup baik," kata Southgate.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement