Ahad 13 Oct 2019 16:12 WIB

Bottas Menang di Jepang, Mercedes Juara Konstruktor F1

Bottas butuh waktu 1.21.46 selesaikan 52 lap di Sirkuit Internasional Suzuka.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Yudha Manggala P Putra
Valtteri Bottas. Ilustrasi
Foto: EPA-EFE/DIEGO AZUBEL
Valtteri Bottas. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUZUKA -- Pembalap Mercedes, Valtteri Viktor Bottas meraih podium pertama di Seri Jepang, Ahad (13/10) siang WIB. Bottas membutuhkan waktu 1:21:46,755 untuk menyelesaikan 52 lap di Sirkuit Internasional Suzuka.

Di urutan kedua, ada jagoan Ferrari, Sebastian Vettel. Driver asal Jerman ini tertinggal 13,343 detik di belakang sang jawara. Kemudian bintang Mercedes lainnya, Lewis Hamilton (tertinggal 13,858 detik di bekalang Bottas).

Sejak awal balapan, Bottas menunjukkan kinerja apik. Start dari tempat ketiga, ia mampu melewati Vettel yang semula meraih pole position. Menjelang lap ke-14, ia mulai meninggalkan para kontestan lainnya.

Pertarungan memperebutkan posisi kedua lebih sengit. Vettel dan Hamilton berduel hingga akhir. Strategi pit stop jadi pilihan.

Lap ke-32, Vettel yang masuk pit stop tergeser ke urutan ketiga saat kembali ke lintasan. Sekitar 10 lap kemudian, giliran Hamilton masuk pit stop. Sang juara bertahan kembali ke urutan ketiga. Posisi ini terlihat hingga balapan berakhir.

Meski gagal berada di podium perdana, Hamilton tetap nyaman di puncak klasemen sementara. Pembalap asal Inggris itu mengantongi 338 poin. Jagoan Mercedes lainnya, Bottas menyusul dengan mengoleksi 274 angka. Driver Ferrari, Charles Leclerc, ada di tempat ketiga (223).

Di posisi keempat, ada Max Verstappen. Pembalap Red Bull Racing Honda mengantongi 212 poin. Di tempat kelima, baru lah nama Vettel muncul. Andalan Ferrari itu mengemas poin yang sama dengan Verstappen.

Musim ini terisa empat seri lagi. Ada Balapan di Meksiko, Amerika, Brasil, dan Abu Dhabi. Secara konstruktor, Mercedes sudah tak terkejar. Pabrikan tersebut telah memiliki 612 poin.

Mercedes resmi menjadi juara dunia keenam kalinya secara beruntun. Ferrari masih di urutan kedua dengan tabungan 435 poin. Di level individu, Hamilton semakin dekat dengan gelar keenam sepanjang karier yang bersangkutan di F1.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement