Senin 14 Oct 2019 01:54 WIB

Dua Gol Wijnaldum Bawa Belanda Bekuk Belarusia

Belanda kini memimpin Grup C kualifikasi Piala Eropa 2020.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Andri Saubani
Gelandang timnas Belanda, Georginio Wijnaldum (kanan) merayakan gol ke gawang Belarusia pada laga kualifikasi Piala Eropa 2020, Ahad (13/10).
Foto: EPA/Maxim Malinovsky
Gelandang timnas Belanda, Georginio Wijnaldum (kanan) merayakan gol ke gawang Belarusia pada laga kualifikasi Piala Eropa 2020, Ahad (13/10).

REPUBLIKA.CO.ID, MINSK --  Gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum menyumbang dua gol untuk Belanda dalam pertandingan kualifikasi Piala Euro 2020 kontra Belarusia, Senin (14/10). Skor 2-1 pun membuat Belanda memimpin grup C untuk sementara.

Pelatih Belanda, Ronald Koeman memasang formasi 4-3-3 dengan mengandalkan trisula pemain muda yakni Promes, Malen, dan Bergwijn. Wajah-wajah segar juga terlihat di lini sayap dan tengah seperti Frankie De Jong dan Van Der Beek.

Permainan atraktif Belanda pun terbukti efektif meski memerlukan waktu setengah babak pertama. Pada menit ke-32 berawal dari operan lambung Promes, tandukan Wijnaldum berhasil membuka keran gol untuk Belanda.

Berselang 10 menit kemudian, Wijnaldum menjadi bintang lapangan setelah menyarangkan gol kedua lewat tendangan keras dari luar kotak penalti di menit ke-42. Paruh pertama pun menjadi milik Belanda.

Di babak kedua, Belanda bermain lebih aman dengan operan-operan pendek. Tim Oranje juga menguasai bola hingga 74 persen. Namun bukan berarti Belarusia tampil minor dalam laga tersebut, mereka mencatatkan enam kesempatan selama pertandingan.

Belarusia pun menunjukkan tajinya di menit ke-54 saat Stanislav Dragum menyundul bola ke dalam gawang Cilessen, sehingga menipiskan defisit gol tim tuan rumah. Mereka  pun beberapa kali membahayakan gawang Belanda meski tak berujung gol.

Skor 2-1 bertahan hingga peluit panjang berbunyi. Hasil itu membuat Beland kukuh di pucuk klasemen sementara grup C dengan 15 poin. Kendati demikian, posisi Belanda masih bisa digeser Jerman yang akan menghadapi Estonia, Senin (14/10) dini hari WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement