Senin 14 Oct 2019 14:07 WIB

Akhirnya, Ketakutan Alex Ferguson dengan Liverpool Terjadi

Di saat MU masih sulit membentuk tim solid, Klopp sukses membangun Liverpool.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson
Foto: REUTERS/Russell Cheyne
Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan pelatih Manchester United (MU) Sir Alex Ferguson telah memprediksi rival abadi MU, Liverpool, bakal kembali bersinar ketika ditangani pelatih asal Jerman Juergen Klopp. Ketakutan itu hadir dengan peningkatan performa the Reds di kompetisi Liga Primer Inggris dalam dua musim terakhir.

"Dia (Klopp) telah melakukan pekerjaan yang sangat bagus dan membangkitkan kembali antusiasme Liverpool. Selama dua dekade, Liverpool mengubah pelatih tanpa membangun identitas mereka sendiri," ujar Ferguson pada musim 2016 dilansir Liverpool Echo, Senin (14/10).

The Reds merupakan tim hebat pada dekade 1980-an. Namun, begitu kompetisi Liga Inggris berganti era ke Liga Primer Inggris, Merseyside Merah kehilangan kekuasaannya dan kerap kesulitan kembali berada di posisi teratas.

Namun, potret buram Liverpool dari awal 1990-an kini telah menjelma titik terang. Pondasi awalnya terjadi ketika the Reds memutuskan merekrut mantan juru taktik Borussia Dortmund Juergen Klopp pada 2015 silam.

Kehadiran Klopp di Stadium Anfield mendapat komentar dari Fergie. Pria asal Skotlandia itu tanpa ragu meyakini Klopp bisa kembali membawa era kejayaan Liverpool lebih baik ketimbang MU. "Anda sekarang dapat memperhitungkan kinerjanya (Klopp). Dia memiliki kepribadian yang kuat. Itu sangat vital di klub besar," kata Fergie.

photo
Juergen Klopp

Meski hingga kini belum mampu mempersembahkan trofi Liga Inggris bagi the Anfield Gank, prestasi Klopp sudah terbukti pada ajang Liga Champions musim lalu. Klopp berhasil mempersembahkan trofi Si Kuping Besar dan satu Piala Super Eropa.

Alhasil, kekhawatiran Ferguson kini terbukti. Di saat MU masih kesulitan membentuk tim yang solid, Klopp telah sukses membentuk Liverpool menjadi tim yang paling disegani di Inggris maupun Eropa. "Saya khawatir tentang dia karena satu-satunya hal yang tidak diinginkan Manchester United adalah Liverpool berhasil berada di atas kami."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement