Selasa 15 Oct 2019 19:30 WIB

Babak Pertama, Indonesia Tertinggal Satu Gol dari Vietnam

Tim besutan Simon McMenemy mampu memberikan perlawanan ketat.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Penyerang timnas Indonesia Alberto Goncalves (kiri) berebut bola dengan bek timnas Vietnam Que Ngoc Hai dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10).
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Penyerang timnas Indonesia Alberto Goncalves (kiri) berebut bola dengan bek timnas Vietnam Que Ngoc Hai dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Indonesia tertinggal 0-1 pada babak pertama saat menjamu Vietnam pada laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10) malam. Gol Do Duy Manh menjadi pembeda sepanjang 45 menit pertama.

Indonesia diperkuat Otavio Dutra, Riko Simanjuntak, dan kiper Muhammad Ridho sejak menit pertama pada laga kontra Vietnam. Ketiga pemain tersebut tidak diturunkan saat Indonesia takluk 0-5 dari Uni Emirat Arab (UAE) di Dubai, Kamis (10/10).

Baca Juga

Pelatih Simon McMenemy juga menempatkan pemain lain yang sebelumnya dicadangkan seperti Bayu Pradana, Stefano Lilipaly, Saddil Ramdani, Evan Dimas, I Putu Gede Juni Antara dan Muhammad Abduh Lestaluhu dalam starting line up. Ban kapten timnas Indonesia disematkan ke lengan bek tengah Rudolof Yanto Basna yang diduetkan dengan Otavio Dutra.

Jalannya laga

Sejak pertandingan dimulai, kedua tim tampil dalam tempo tinggi. Serangan sporadis diperlihatkan. Namun hingga 10 menit laga berjalan, belum ada peluang matang tercipta. 

Pada menit ke-13, Vietnam memperoleh tendangan bebas. Namun sepakan Nguyen Quang Hai masih bisa diantisipasi Mohammad Ridho. 

Pada menit ke-14 Saddil Ramdhani membuka peluang bagi Indonesia. Namun, umpan lambung yang dilepaskan Saddil tak mampu digapai oleh Alberto Goncalves yang berduel dengan Dang Van Lam. 

Vietnam mulai menunjukkan dominasi. Terus menyerang, gol yang ditunggu kubu tamu akhirnya tercipta pada menit ke-25. Berawal dari tendangan sudut di sisi kanan, bola diarahkan ke tiang jauh. Satu pemain Vietnam menanduk bola ke depan gawang. Yanto Basna menghentikan bola, tapi tak bisa menyapunya karena dalam kondisi terjatuh. Saat itulah Do Duy Manh dengan sigap menendang bola yang melesak mulus ke gawang Indonesia tanpa bisa dihentikan Ridho yang sudah kehilangan posisi.

Vietnam bahkan hampir menambah keunggulan pada menit ke-27 saat Yanto Basna melakukan kesalahan karena kurang cermat dalam memainkan bola di lini belakang. Beruntung bagi Indonesia pemain depan Vietnam gagal mengonversi peluang tersebur menjadi gol.

Pada menit ke-35, tendangan voli Stefano Lilipaly saat menyambut umpan dari Alberto Goncalves masih melenceng jauh dari sasaran. Selanjutnya pada menit-menit akhir babak pertama, Yanto membuat suporter Indonesia berteriak saat menyambut umpan dari tendangan pojok dengan tandukan yang mengarah ke sudut kiri atas gawang Thailand. Namun, Dang Van Lam masih mampu menggapai bola tersebut. Kemudian sepakan keras I Putu Gede hanya menyamping tipis di samping gawang. Hingga turun minum, skor 1-0 untuk Vietnam tidak berubah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement