Selasa 22 Oct 2019 13:05 WIB

Kapolda Jabar Minta Maaf tak Izinkan Laga Persib Vs Persija

Polda Jabar tak mengeluarkan izin pertandingan Persib melawan Persija.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Bayu Hermawan
Kapolda Jawa Barat, Irjen Rudy Sufahriadi
Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Kapolda Jawa Barat, Irjen Rudy Sufahriadi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Suasana berbeda terasa jelang laga Persib Bandung kontra Persija Jakarta. Kepolisian yang tidak memberikan rekomendasi pertandingan di Bandung membuat Persib terpaksa menjamu Persija di tempat yang belum dipastikan pada Senin (28/10) mendatang.

Karena itu, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Irjen Rudy Supahriady menyambagi langsung markas Persib di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (22/10). Pertemuan itu berlangsung lebih dari satu jam bersama perwakilan manajemen Persib dan perwakilan Bobotoh. Rudy menyampaikan permintaan maafnya atas tidak turunnya izin laga.

Baca Juga

"Saya menyampaikan permohonan maaf Polda Jabar belum bisa memberikan izin untuk menyelenggarakan pertandingan karena situasi keamanannya," kata Rudy usai pertemuan.

Rudy beralasan pertandingan besar tersebut dapat dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memicu perseteruan. Apalagi, laga tersebut berdekatan dengan pelantikan presiden dan gelaran Pilkades di Kabupaten Bandung.

"Kan sekarang ini sedang ada satu kelompok yang ingin memanfaatkan orang banyak itu menjadi rusuh, sudah terbukti beberapa kali di Bandung, iya kan?" katanya.

Dia juga meminta maaf telah menolak opsi dari manajemen untuk laga tanpa penonton. Karena menurutnya, tetap akan banyak yang antusias untuk datang ke stadion. "Tapi kita tidak bisa membendung orang yang mau dateng di luar-luarnya. Nah ini yang jadi perhatian saya untuk menjaga kamtibnas di Bandung dan Jabar, saya mohon pengertiannya," kata Rudy.

Dia mengakui kepolisian akan memberikan izin pertandingan setelah kondusivitas Bandung dan Jawa Barat sudah membaik. Kepolisian terus mempertimbangkan hingga pertandingan bisa dilaksanakan lagi.

"Untuk itu saya mohon ditunda sampai dengan waktu tertentu, dan saya siap. Saya akan siap bersedia menjadi kepala pengamanannya apabila pertandingan persib di Bandung," katanya.

Kepolisian akan memberi alternatif lain dengan menyediakan tempat nonton bareng. Sehingga Bobotoh tetap bisa mendukung tim kesayangannya saat bertanding melawan Persija nanti.

"Kami akan siapkan nobar apabila Persib bertanding saya akan diapkan nobar di tempat yang besar dan memungkinkan, mungkin di Gasibu yg paling nyaman ya, kita siapkan di situ nanti," katanya.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement