Selasa 22 Oct 2019 15:15 WIB

Alfa Romeo Dikabarkan Hengkang dari F1 2020

Sauber ingin menjalin kerja sama yang berbeda dengan Honda dibandingkan Alfa Romeo.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap Alfa Romeo, Kimi Raikkonen.
Foto: EPA-EFE/DIEGO AZUBEL
Pembalap Alfa Romeo, Kimi Raikkonen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pabrikan Alfa Romeo dikabarkan bakal mundur dari ajang balap mobil F1 di akhir musim 2020. Pabrikan yang menaungi tim Sauber itu tak lagi melanjutkan kontrak antarkedua pihak yang dimulai sejak 2018.

Seperti diberitakan Planet F1, Selasa (22/10), Alfa Romeo memilih hengkang karena persoalan komersil yang tak berkembang bersama tim Sauber. "Hasil tim yang mengecewakan menyebabkan mereka sepakat untuk berpisah," kata jurnalis F1, Joe Saward, dalam laman PlanetF1.

Di musim 2019, Alfa Romeo hanya mampu bercokol di peringkat delapan klasemen perancang mesin, dengan koleksi 35 poin tanpa pernah menyentuh podium sejak awal musim balap.

Selain itu, tim Sauber disebut tak setuju dengan rencana penggabungan Alfa Romeo dan Ferrari ke dalam struktur tim. Sauber lebih memilih pabrikan Honda yang menyuplai mesin kepada tim Red Bull.

Di satu sisi, tim Red Bull Racing dengan pasokan mesin Honda sudah mencatat dua kemenangan seri balap musim ini lewat performa pembalapnya, Max Verstappen.

Kendati demikian, pihak Honda belum memberi tanggapan terkait ketertarikan Sauber terhadap pabrikan asal Jepang tersebut. Saward mengatakan, Sauber ingin menjalin kerja sama yang berbeda dengan Honda dibandingkan Alfa Romeo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement