Kamis 24 Oct 2019 19:36 WIB

Valentino Rossi akan Jalani Balapan Bersejarah di Australia

Rossi akan mencetak rekor sebagai rider pertama yang bisa mencapai 400 kali balapan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Bayu Hermawan
Valentino Rossi
Foto: EPA-EFE
Valentino Rossi

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Pembalap Yamaha, Valentino Rossi akan menjalani balapan bersejarah pekan ini di Sirkuit Philip Island, Australia. Dia akan mencetak rekor sebagai pembalap pertama yang mencapai 400 kali balapan MotoGP. Bagi pembalap veteran asal Italia itu akhir pekan ini menjadi istimewa bagi Rossi.

Rossi menyebut prestasi besar bisa menjadi orang pertama yang membalap 400 kali di ajang MotoGP. Pembalap 40 tahun itu itu sedang bersaing pada musim ke-24 Kejuaraan Motor Dunia. Peraih Sembilan kali gelar juara dunia itu pun masih akan mengaspal setidaknya 2020 karena terikat kontrak dengan Yamaha.

Baca Juga

"Saya tidak pernah memiliki gagasan yang jelas berapa lama saya ingin balapan," kata Rossi, yang akan bertanding di Grand Prix Australia di Melbourne, dilansir dari BBC, Kamis (24/10).

Dalam beberapa musim terakhir, Rossi kesulitan mengejar Marc Marquez yang mendominasi pada setiap balapan. Musim ini, dia menduduki peringkat tujuh klasemen dengan raihan 145b poin hasil dari dua kali podium dan tanpa kemenangan.

Menuju Australia, Rossi hadir membawa kegagalan dari Jepang setelah gagal finis akibat terjadi crash. Dia menyebut balapan di Motegi sangat buruk. Menurutnya, jika di Jepang mendapatkan hasil baik, kemungkinan meraih hasil baik pada balapan berikutnya cukup terbuka.

"Tetapi jika Anda berada di saat yang sulit maka ada motivasi juga untuk mencoba dan kembali," ujarnya.

Rossi merupakan pembalap luar biasa dengan penggemar menyebar dari seluruh dunia. Wajar jika dia mempunyai penggemar banyak karena berbagai prestasinya yaitu telah memenangkan 115 balapan di semua kelas. Rossi juga satu-satunya pembalap dalam sejarah yang memenangkan Kejuaraan Dunia kelas 125cc, 250cc,500cc dan MotoGP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement