Jumat 25 Oct 2019 01:01 WIB

KTM Umumkan Tandem Pol Espargaro di MotoGP 2020

Poncharal yakin jika jajaran pembalap KTM tahun depan adalah yang terkuat.

Pol Espargaro
Foto: EPA-EFE//Fazry Ismail
Pol Espargaro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KTM telah mengumumkan para pembalap yang akan membela tim pabrikan KTM dan Tech 3 pada MotoGP tahun depan dengan mempromosikan dua pembalap Moto2 ke kelas primer. Juara dunia Moto3 2016 Brad Binder, yang sebelumnya direkrut untuk tim KTM Tech 3, akan mengisi kursi kosong di Red Bull KTM Factory dan menjadi rekan satu tim Pol Espargaro.

Sementara pembalap Moto2 lainnya, Iker Lecuona, akan menjadi rekan satu tim pembalap rookie Miguel Oliveira di Tech 3.

Dilansir laman resmi KTM, Kamis (24/10), KTM mengharapkan kedua pembalap debutan itu di musim depan juga membantu tahap pengembangan motor RC16 selanjutnya.

Binder asal Afrika Selatan telah enam kali finis podium, termasuk dua kemenangan pada Moto2 tahun ini. KTM mengumumkan untuk memboyong pembalap berusia 24 tahun itu ke MotoGP pada Juli.

Sedangkan, Lecuona baru dua kali naik podium Moto2 dalam dua tahun terakhir. Pembalap berusia 19 tahun itu kini dipromosikan naik ke kasta tertinggi oleh KTM yang akan memasuki tahun keempatnya berlaga dalam kelas primer tahun depan

"Jelas jika rencana kami untuk 2020 harus berganti menyusul pengumuman kami di tengah musim. Setelah berpikir dan sejumlah diskusi kami memutuskan untuk mengambil jalan ini dan membawa para pembalap muda yang haus dan berpengalaman baik dari ketegori MotoGP lainnya untuk menunjukkan apa yang bisa mereka lakukan," ujar direktur KTM Pit Beirer.

Tim manajer Red Bull KTM Factory Racing Mike Leitner sangat mengharapkan duo pembalap yang dimiliki tahun depan setelah tim itu mengakhiri kontrak Johann Zarco di tengah jalan musim ini.

"Saya sangat senang dengan pasangan yang kami miliki untuk 2020. Kami berdiskusi panjang tentang itu dan akhirnya saya rasa itu adalah keputusan baik yang telah diambil KTM," kata Leitner. "Pol adalah pembalap sangat kuat dan telah membawa hasil bagus dan kami melihat di kategori lainnya apa yang Brad bisa lakukan dengan motor kami. Akan menjadi tantangan besar baginya, tapi saya rasa dia akan memiliki masa depan yang hebat di MotoGP."

Sementara itu, kepala tim Red Bull KTM Tech 3 Herve Poncharal yakin jika jajaran pembalap KTM tahun depan adalah yang terkuat. "Secara pribadi saya senang bisa bekerja dengan rookie muda dan bertalenta seperti Iker. Inilah caranya untuk ke masa depan dan kami telah melihat pendekatan serupa yang telah membawa kesuksesan kepada tim-tim lain," kata Poncharal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement