Rabu 30 Oct 2019 13:00 WIB

Ronaldo Samakan Ballon d'Or dengan Penghargaan Nobel

Ronaldo masih ingin berada di level sepak bola tertinggi selama mungkin.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Cristiano Ronaldo
Foto: EPA-EFE
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Cristiano Ronaldo menyamakan gelar Ballon d'Or (pemain terbaik dunia) dengan Penghargaan Nobel. Saat ini, Ronaldo menjadi kandidat peraih gelar tersebut untuk keenam kalinya.

Bicara dengan France Football usai masuk dalam 30 daftar untuk Ballon d'Or 2019, pemain berusia 34 tahun itu menyatakan bahwa ia telah belajar dari atlet seperti Michael Jordan dan lainnya.

Baca Juga

''Saya telah belajar darinya, seperti saya belajar dari semua orang yang melampaui diri,'' ujar Ronaldo dikutip dari ESPN, Rabu (30/10).

Ronaldo menyatakan, tak hanya bicara soal olahraga, tapi ia membandingkannya dengan penghargaan Nobel. Sosok yang mendapatkannya adalah orang yang membuat, menghasilkan, menciptakan, atau membangun sesuatu. Oleh karena itu, ia menilai sosok yang mendapatkan penghargaan Nobel sama seperti Ballon d'Or baginya.

Bintang Juventus tersebut mengaku selalu mempelajari mengapa peraih Nobel membuat sesuatu dan bagaimana mewujudkannya. Dari mengetahui hal tersebutlah Ronaldo bisa menjadi lebih baik seperti saat ini. Pemain internasional Portugal itu pun mengatakan masih ingin berada di level sepak bola tertinggi selama mungkin.

Bertanding bersama tim nasional dan Liga Champions merupakan kompetisi yang selalu membuatnya termotivasi. Menurut Ronaldo, dua kompetisi itu membuatnya merasa bermain untuk menghasilkan sesuatu dengan lingkungan yang penuh tekanan. ''Anda harus menjadi profesional dan di atas standar, menghormati keluarga Anda sebagaimana Anda mewakili klub,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement