Senin 04 Nov 2019 19:06 WIB

Cari Pengganti Kovac, Muenchen Dekati Pelatih Ajax

Saat ini, Muenchen ditangani oleh Hansi Flick untuk sementara.

Rep: Frederikus Bata/Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Erik Ten Hag
Foto: EPA-EFE/REMKO DE WAAL
Erik Ten Hag

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Setelah memecat Niko Kovac, Bayern Muenchen bergerak cepat. Manajemen FC Hollywood dilaporkan mendekati pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag. Namun Raksasa Jerman bakal sulit mendatangkan Ten Hag untuk saat ini.

"Ia baru tersedia (terbuka untuk bernegosiasi dengan tim lain) pada akhir musim 2019/2020," demikian laporan yang dikutip dari Sky, Senin (4/11).

Baca Juga

Saat ini, Muenchen ditangani oleh Hansi Flick untuk sementara. Sang asisten bertugas, hingga klub mendapatkan pengganti Kovac. Tugas terdekat Flick mempersiapkan tim menghadapi Olympiakos pada tengah pekan ini.

Ten Hag bukan orang baru bagi Raksasa Jerman. Pada 2013-2015, arsitek 49 tahun itu membesut Bayern Muenchen II. 

Dalam dua tahun terakhir, ia menjadi buah bibir. Ten Hag membawa Ajax merajai kompetisi domestik. Armada de Joden kompetitif di Liga Champions. Bahkan musim lalu, Hakim Ziyech dan rekan-rekan menembus semifinal dengan mengalahkan Real Madrid dan Juventus pada babak sistem gugur. Sepanjang musim 2019/2020 bergulir, Ajax belum terkalahkan di Eredisie. 

Juru taktik berkepala plontos itu juga tidak mengesampingkan kemungkinan untuk kembali ke Stadion Allianz Arena. Sebab, namanya sudah sejak beberapa pekan lalu dikaitkan dengan Muenchen setelah permainan inkonsisten di bawah kendali Kovac.

"Saya tidak mengeceualikan (kabar) apa pun. Tetapi, aku hampir berusia 50 tahun dan aku bukan pemimpi. Itu datang atau tidak," kata Ten Hag beberapa waktu lalu.

Keputusan Die Roten untuk menghentikan kontrak kerja Kovac terkait hasil kurang maksimal yang diperlihatkan di pentas Bundesliga awal musim 2019/2020. Merujuk pada papan klasemen, hingga spielteg ke-10, Bayern masih tertahan di posisi empat dengan hanya mengoleksi 18 angka dari lima kemenangan, tiga imbang, dan dua kekalahan.

Kesabaran manajemen untuk mempertahankan Kovac habis setelah ia tak sanggup mengamankan poin penuh di matchday terakhir versus Eintracht Frankfurt. Bertandang ke Frankfurt Robert Lewandowski dkk dihajar 1-5.

Sederet nama calon pengganti Kovac kemudian mengapung. Selain Ten Hag, Massimiliano Allegri dan Jose Mourinho juga dikaitkan dengan tim asal selatan Jerman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement