Selasa 05 Nov 2019 14:45 WIB

Ancelotti: Reaksi Balotelli Sudah Tepat

Ini salah satu cara mendorong otoritas bola Italia terkait isu memerangi rasisme.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Carlo Ancelotti
Foto: EPA-EFE/CHRISTIAN BRUNA
Carlo Ancelotti

REPUBLIKA.CO.ID, NAPOLI -- Pelatih Napoli, Carlo Ancelotti, menilai, reaksi yang ditunjukkan Mario Balotelli kala mendapatkan ejekan bernada rasisme di laga Bresica kontra Verona, akhir pekan lalu, sudah tepat. Dalam laga pada giornata kesebelas Serie A Liga Italia tersebut, Balotelli sempat mengambil bola dan menendangnya ke arah tribun pendukung Verona.

Setelah itu, mantan penyerang Manchester City itu meninggalkan lapangan. Ini merupakan bentuk protes Balotelli terkait sorakan dan ejekan bernada rasis dari para pendukung Verona yang ditujukan kepada dirnya. Alhasil, wasit pun kemudian sempat menghentikan laga selama beberapa menit.

Baca Juga

Balotelli akhirnya mau melanjutkan laga usai pengeras suara di Stadion Mar Antonio Bentegodi, markas Verona, meminta para pendukung tim tuan rumah menghentikan aksinya tersebut.

Pelatih Napoli, Carlo Ancelotti, pun angkat bicara terkait insiden tersebut. Menurut mantan pelatih AC Milan dan Juventus itu, reaksi yang ditunjukan Balotelli di laga itu sudah tepat. Menurutnya, reaksi Balotelli di laga itu menjadi salah satu cara untuk mendorong otoritas sepak bola Italia terkait isu memerangi rasisme di sepak bola.

Ancelotti pun menyebut, keputusan untuk menghentikan laga begitu ada ejekan bernada rasial sudah menjadi terobosan dalam memerangi rasialisme di sepak bola, terutama di Italia.

''Dia telah melakukan hal yang tepat. Dia telah memberikan reaksi yang tepat. Sebelumnya juga ada sejumlah laga yang dihentikan karena alasan serupa. Jadi, saya kira, sepak bola Italia sudah berada dalam jalur tepat (dalam pemberantasan rasisme di sepak bola),'' ujar Ancelotti seperti dikutip Football Italia, Senin (5/11).

photo
Mario Balotelli saat berkonfrontasi dengan pendukung Verona.

Sementara, beberapa jam pasca-insiden tersebut, Balotelli mengunggah pernyataan lewat akun media sosialnya. Penyerang berusia 29 tahun itu menyebut, pendukung Verona yang melontarkan ejekan dan teriakan bernada rasis di laga tersebut sebagai orang yang berpikiran sempit.

''Ini bukan lagi soal sepak bola. Anda melibatkan sebuah situasi sosial dan sejarah, yang jauh lebih besar dari Anda. Anda tidak bisa mengendalikannya,'' tulis Balotelli.

Dalam laga itu, setelah sempat melakukan protes, Balotelli sukses mencetak gol ke gawang Verona pada menit ke-85. Sayangnya, gol mantan penyerang Inter Milan itu tidak bisa membawa Brescia meraih poin dari lawatan ke markas Verona tersebut. Brescia menyerah 1-2 di tangan tim tuan rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement