Selasa 05 Nov 2019 21:00 WIB

Ketua Wasit dan Pelatih Klub Liga Inggris akan Bahas VAR

Ketua wasit dan seluruh pelatih klub Liga Inggris akan membahas VAR

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Bayu Hermawan
VAR (ilustrasi)
Foto: AP/Dmitri Lovetsky
VAR (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Para Manajer Liga Premier Inggris dijadwalkan akan bertemu dengan Ketua Professional Game Match Officials Limited (PGMOL), Mike Riley untuk membahas persoalan sistem asisten video wasit (VAR) pada Kamis (7/11). VAR memang mendapatkan sorotan oleh manajer-manajer klub karena memunculkan polemik dalam mengeluarkan keputusan.

Dilansir dari Sky Sports, Mike Riley sebagai ketua yang bertanggung jawab atas kinerja wasit, akan bertemu para manajer yang berbasis di utara Inggris pada Kamis mendatang. Sebelumnya, dia telah menggelar pertemuan dengan mereka yang berbasis di Utara pekan lalu.

Baca Juga

Salah satu pembahasannya adalah apakah wasit pertandingan diizinkan berkonsultasi dengan pemantau pertandingan di sisi lapangan. Seluruh wasit di berbagai kompetisi yang menggunakan VAR diizinkan berkonsultasi dengan pengawas di sisi lapangan. Namun hal tersebut tidak terjadi di Liga Premier Inggris.

Jika manajer klub menyetujui tentang diizinkannya konsultasi tersebut, maka PGMOL akan memperkenalkan para pengawas tersebut. Sebelumnya, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp melampiaskan kekesalannya terhadap VAR setelah Roberto Firmino yang dinilai offside saat mengalahkan Aston Villa. Klopp menilai pihaknya sering dirugikan oleh VAR.

 

Kontroversi VAR juga terjadi ketika Everton melawan Tottenham Hotspur. Itu terjadi selang beberapa saat gol pembuka dari Dele Alli. Pemain Everton melakukan pelanggaran di area kotak terlarang. Laga sempat ditunda tiga menit. Berdasarkan hasil review VAR , hal tersebut tidak mendapatkan penalti.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Arsenal Arsenal 0 0 0 0 0 0 0
2 Aston Villa Aston Villa 0 0 0 0 0 0 0
3 Chelsea Chelsea 0 0 0 0 0 0 0
4 Everton Everton 0 0 0 0 0 0 0
5 Fulham Fulham 0 0 0 0 0 0 0

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement