Kamis 07 Nov 2019 23:00 WIB

Lewati Tiga Danau, Lim Menangi Etape VI TdS

Etape VI merupakan etape terpanjang.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Sejumlah pembalap beradu cepat pada etape keenam Tour de Singkarak (TdS) 2019 di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Kamis (7/11/2019).
Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Sejumlah pembalap beradu cepat pada etape keenam Tour de Singkarak (TdS) 2019 di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Kamis (7/11/2019).

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG ARO- -Pebalap tim 7Eleven Cliqq - Air21 BY Roadbike Filipina, Rustom Lim  berhasil menaklukkan etape VI Tour de Singkarak (TdS) ke 11. Etape VI dari Dermaga Danau Singkarak menuju Padang Aro, Solok Selatan merupakan lintasan terpanjang yakni 214,1 kilometer. Di lintasan ini, para pebalap dapat menikmati pemandangan tiga danau yang sudah terkenal sebagai andalan wisata Sumbar

Yakni Danau Singkarak, Danau di Atas dan Danau di Bawah. Lim finish terdepan dengan catatan waktu 5 jam 38 menit 8 detik. Ia disusul Golakhour Mirsamad Pouseyedi dari Omidnia Mashhad Team yang mencatat waktu 5 jam 38 menit 13 detik di urutan kedua.  Podium ketiga diamankan Phouchong Saidomsin yang memperkuat Thailand Continental Cycling Team dengan catatan waktu 5 jam 38 menit 35 detik.

Baca Juga

Sejak balapan dimulai, Lim, Golakhour dan Phuchong yang berhasil meninggalkan rombongan pleton. Keduanya juga saling salip untuk mengisi posisi terdepan. Terutama saat memasuki kawasan Alahan Panjang. 

Golakhour Mirsamad Pouseyedi awalnya sempat memimpin posisi di urutan terdepan. Namun kemudian mendapatkan perlawanan sengit dari Lim dan Phuchong. Setelah melewati Dermaga Danau Singkarak, melewati Pintu Gerbang Saniang Baka, Singkarak Sumpur Hotel, Batipuh Selatan, Singkarak Polsek, Balai Kota Solok, Gunung Talang, Alahan Panjang, Surian, sampai finis di Muara Labuh dengan tiga titik Sprint dan tiga titik King Of Mountain (KOM) masing-masing berada di Singkarak, Surian dan Muara Labuh (Sprint) dan Gunung Talang, Alahan Panjang serta, Muara Labuh (KOM), Lim akhirnya dapat merasakan kemenangan pertamanya di TdS 2019.

"Saya mencoba menjaga jarak. Saya benar-benar berupaya keras di kilometer terakhir. Saya berhasil menang," kata Lim usai balapan.

Selain berhasil menang, Lim mengaku sangat menikmati setiap medan yang ia lalui dari Singkarak sampai Padang Aro. Lim merasa alam di Kabupaten Solok, Kota Solok dan Kabupaten Solok Selatan menyajikan pemandangan berbeda dibandingkan lima etape sebelumnya.

Sementara untuk jersey kuning atau peringkat satu klasemen sementara masih belum bisa beralih dari Jesse Ewart yang memperkuat Sapura Cycling Team, Malaysia. Hingga etape ke-VI ini, Jesse yang baru memenangkan dua etape sejauh ini masih kokoh di puncak klasemen sementara dengan total poin 24 jam 53 menit 26 detik, terpaut 1 menit 1 detik dari Cristian Raileanu yang tak lain adalah rekan setimnya sendiri. 

Pebalap atas nama Jonel Carcueva dari Go For Gold Philippines, masih belum mampu memperkecil waktu ketertinggalan. Carcueva masih bertengger di urutan ketiga dengan total waktu 24 Jam 56 menit 44 detik atau selisih 3 menit 14 detik dari Jessey Ewart.

Pebalap Indonesia, Abdul Soleh dari KFC Cycling Team berhasil menyabet gelar juara untuk kategori Best Indonesian Rider dengan total waktu 5 jam 40 Menit 3 detik.

Sementara untuk Green Yellow atau gelar juara kategori Best Sprinter's Classification pada etape ini, masih di tangan Jesse Ewart. Ewart tetap membuktikan kalau dirinya adalah Raja Sprinter setelah berhasil membukukan total 55 poin. Sedangkan untuk Raja Tanjakan, pada etape ini jatuh ketangan Ismael Grospe Jr dari Go For Gold Pilippines dengan total 66 poin.

Hingga etape ke VI, Team Sapura Cycling Team berada diurutan pertama untuk kategori Team General Classification dengan torehan total waktu 74 jam 52 menit 32 detik. Ditempel ketat oleh Go For Gold Philippines dengan selisih waktu 45 detik dan terpaut 1 menit 3 detik dari PGN yang menempati urutan ketiga.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement