Jumat 08 Nov 2019 16:00 WIB

Pesepak Bola Mendominasi Atlet Terkaya 2019 Versi Forbes

Penghitungan kekayaan atlet ini meliputi hadiah uang, gaji, sponsor, serta iklan.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Neymar (kiri), Lionel Messi (tengah) dan Cristiano Ronaldo.
Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann
Neymar (kiri), Lionel Messi (tengah) dan Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Majalah bisnis dan finansial yang berbasis di Amerika Serikat (AS), Forbes, kembali merilis deretan atlet olahraga terkaya 2019. Pada edisi terbaru, penghuni pertama kembali dipegang oleh seniman lapangan hijau.

Pada Rabu (6/11), Forbes mengapungkan daftar 100 atlet dunia olahraga dengan pendapatan terbesar, yang secara kolektif menghasilkan 4 miliar dollar AS selama 12 bulan terakhir, naik 5 persen dari pendapatan tahun lalu yang hanya mencapai 3,8 miliar dollar AS.

Dalam daftar tersebut panggung sepak bola kembali dinobatkan sebagai atlet olahraga dengan penghasilan tertinggi. Megabintang Barcelona Lionel Messi memimpin di posisi teratas setelah mendapat bayaran tertinggi di dunia untuk kali pertama.

Menduduki kursi teratas, Messi sepanjang 2019 berhasil mengeruk pemasukan 127 juta euro atau sekitar Rp 1,772 triliun. Ia menggeser posisi yang sebelumnya ditempati oleh petinju terkenal Flyod Maywheather.

Di belakang Messi menguntit sang rival abadi, Cristiano Ronaldo. Pesepak bola yang saat ini bermain untuk kesebelasan Italia Juventus mengantongi 109 juta euro (Rp 1,522 triliun) dari total besaran gaji dan produk iklan yang dimiliki.

Sedangkan, penyerang Paris Saint-Germain (PSG) Neymar Jr mengisi posisi ketiga dengan pendapatan mencapai 105 juta euro per tahun (Rp 1,468 triliun), tentunya dari biaya gaji, bayaran sponsor, dan pemasukan lainnya.

Editor Senior Forbes, Kurt Badenhausen mengklaim, apabila dampak global sepak bola (modern) jelas tercermin dalam pendapatan sang pemain pada 2019, dengan tiga atlet teratas diisi oleh Messi, Ronaldo, pun Neymar.

"Meski begitu, para pemain bola basket terus mendominasi 100 teratas tangga atlet dunia dengan bayaran tertinggi. Total atlet (basket) memiliki 35 nama dalam daftar tersebut dengan penghasilan mencapai 1,29 miliar dollar AS," kata Badenhausen dilansir Forbes, Rabu. "Adapun 72 persen dari pendapatan itu murni berasal dari biaya gaji pemain basket."

Adapun 35 nama pebasket yang masuk dalam 100 daftar atlet terkaya dunia 2019 dinilai menunjukan grafik menurun. Pasalnya, pada 2018 lalu tercatat 40 nama atlet bola tangan ikut meramaikan majalah khusus miliader tersebut.

Pemimpin atlet bola basket terkaya di jagat bumi dipegang power forward LA Lakers, LeBorn James. Dirinya berada di posisi kedelapan dari 10 klasemen atlet terkaya dengan penghasilan mencapai 89 juta euro atau setara Rp 1,242 triliun per tahun. Diikuti, Stephen Curry (79,8 juta euro) dan Kevin Durant yang mengais pendapatan sebesar 65,4 juta euro.

Atlet lain yang masuk 10 besar, antara lain Canelo Alvares (Boxing), sang maestro tenis Roger Federer, dan dua lainnya ditempat atlet American Football Russell Wilson serta Aaron Rodgers.

Lebih lanjut, Forbes menjelaskan penghitungan kekayaan edisi 2019 ini merupakan perkiraan dari berbagai pemasukan sang atlet, meliputi hadiah uang, gaji, dan sponsor serta iklan.

Berikut daftar 10 besar atlet terkaya 2019 dilansir Forbes, Rabu (6/11):

1. Lionel Messi (Sepak Bola): 127 juta euro

2. Cristiano Ronaldo (Sepak Bola): 109 juta euro

3. Neymar Jr (Sepak Bola): 105 juta euro

4. Canelo Alvarez (Tinju): 94 juta euro

5. Roger Federer (Tenis): 93,4 juta euro

6. Riddell Wilson (American Football): 89,5 juta euro

7. Aaron Rodgers (American Football): 89,3 juta euro

8. LeBorn James (Basket): 89 juta euro

9. Stephen Curry (Basket): 79,8 juta euro

10. Kevin Durant (Basket): 65,4 juta euro

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement