Selasa 12 Nov 2019 11:04 WIB

Hadapi Persib, Pelatih Arema Abaikan Statistik

Dari lima pertandingan terakhir, hasil kedua tim berimbang.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah
Pemain Arema FC Ridwan Tawainella (kiri) dan pelatih Arema FC Milomir Seslija (kanan) di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (11/11)
Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Pemain Arema FC Ridwan Tawainella (kiri) dan pelatih Arema FC Milomir Seslija (kanan) di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (11/11)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Arema FC akan menghadapi Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (12/11). Dalam lawatannya pada laga tunda pekan ke-27 Liga 1 ini, pelatih Arema FC Milomir Seslija membawa 18 pemainnya.

Pertemuan kedua tim memang menjadi salah satu yang dinantikan. Dari lima pertandingan terakhir, hasil kedua tim berimbang, di mana Arema menelan sekali kekalahan, tiga kali seri dan mendapat satu kemenangan. Namun Milo enggan melihat statistik sebagai patokan dalam menghadapi Persib.

Baca Juga

"Jika lima pertandingan terakhir berjalan baik bukan berarti sebelumnya bagus juga. Ini sepak bola dan setiap pertandingan berbeda," kata Milo di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (10/11).

Dia mengatakan musim ini berat. Bukan hanya untuk Arema, melainkan juga Persib. Banyak pertandingan yang berakhir dengan hasil di luar ekspektasi. Inilah yang membuatnya tidak melihat statistik.

"Semua mungkin bisa lupa dengan hasil pertandingan, tapi semua ingat dengan piala (juara)," kata Milo.

Mantan pelatih Madura United ini mengakui Arema FC selalu mengejar gelar juara. Sayangnya banyak yang berekspektasi sebuah tim harus bisa mengalahkan tim tertentu. Padahal, ada yang lebih penting dari sekadar satu pertandingan.

"Ini permasalahan di Indonesia, semua butuh hasil pertandingan tapi tidak melihat prosesnya. Jika melihat Jepang, tahun 80-an mereka ada di bawah semuanya, tapi sekarang mereka ada di puncak Asia. Mereka punya program untuk beberapa tahun ke depan, mereka punya kelas di Asia. Mereka naik secara bertahap," katanya.

Gengsi laga di antara kedua tim ini cukup besar. Pada putaran pertama, Arema FC mampu mengalahkan Persib dengan skor 4-1. Saat ini, Arema FC berada di urutan kelima klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 41 poin. Arema masih memiliki sedikit peluang untuk bisa menyalip puncak klasemen.

"Pendukung butuh piala dan kami sedang berjuang soal ini. Suatu saat nanti semua akan lupa hasil pertandingan ini, tapi mereka tidak akan lupa dengan sejarah soal juara," kata dia.

Lima pertemuan terakhir Persib Bandung vs Arema FC:

30/7/2019 Arema FC 5-1 Persib Bandung (Liga 1)

22/2/2019 Arema FC 2-2 Persib Bandung (Piala Indonesia)

18/2/2019 Persib Bandung 1-1 Arema FC (Piala Indonesia)

13/9/2018 Persib Bandung 2-0 Arema FC (Liga 1)

15/4/2018 Arema FC 2-2 Persib Bandung (Liga 1)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement