Rabu 13 Nov 2019 15:16 WIB

David Villa Umumkan Gantung Sepatu

Villa akan mengakhiri karier 19 tahun di lapangan hijau.

David Villa
Foto: EPA/Thais Llorca
David Villa

REPUBLIKA.CO.ID, Pencetak gol terbanyak timnas Spanyol David Villa akan pensiun bulan depan. Penyerang klub Vissel Kobe akan gantung sepatu saat J-League musim 2019 berakhir bulan depan.

Villa akan mengakhiri karier 19 tahun di lapangan hijau, di mana ia memenangkan Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2008 membela La Roja. Pria 37 tahun ini juga memenangkan dua gelar La Liga dan Liga Champions ketika memperkuat Barcelona.

Villa mengatakan, telah memikirkan keputusan untuk pensiun dalam waktu yang lama. "Saya ingin pensiun dari sepak bola, tidak dipaksa pensiun," kata dia, dikutip dari BBC, Rabu (13/11).

Villa pernah empat musim merumput di Amerika Serikat bersama klub New York City di kompetisi MLS. Ia akan menjadi investor di Queensboro FC, sebuah waralaba baru yang berbasis di distrik Queens, New York yang akan bermain di kompetisi level kedua sepak bola AS.

"Meskipun saya tidak akan lagi berada di lapangan, saya akan terus terlibat dalam sepak bola dengan cara lain. Saya akan terus berkontribusi ke dunia sepak bola," katanya.

Villa sudah menyumbang 59 gol untuk Spanyol, bermain di tiga Piala Dunia, mengangkat trofi pada 2010 setelah memenangkan Piala Eropa dua tahun sebelumnya. Dia juga mencetak gol ketiga untuk Barcelona di Wembley dalam kemenangan 3-1 atas Manchester United pada final Liga Champions 2011.

Di  Vissel Kobe, ia bermain bersama sesama legenda Spanyol Andres Iniesta dan striker Jerman Lukas Podolski. Tetapi kehadiran bintang-bintang asing yang sudah tua tidak banyak berhasil membawa kesuksesan ke klub Jepang yang ambisius.

Vissel Kobe saat ini berada di peringkat 10 J-League setelah 31 pertandingan, posisi yang sama dengan tahun lalu.

Villa hanya mencetak 12 gol dalam 26 penampilan untuk Vissel. Dia diperkirakan akan melakoni tiga pertandingan J-League lagi serta semifinal dan final Piala Kaisar.

Seremoni pensiunnya akan berlangsung pada 7 Desember atau pada hari pertandingan terakhirnya di J-League.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement