Ahad 17 Nov 2019 00:27 WIB

Hafiz/Gloria Terhenti di Semifinal Hong Kong 2019

Hafiz/Gloria baru sekali mengalahkan Watanabe/Arisa dalam empat pertemuannya.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Hafiz Faizal (kanan) dan Gloria Emanuelle Widjaja.
Foto: DOK PBSI
Hafiz Faizal (kanan) dan Gloria Emanuelle Widjaja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ganda campuran Indonesia Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja terhenti pada semifinal turnamen bulu tangkis Hong Kong Open 2019. Ini lantaran Hafiz/Gloria takluk dari pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Tampil kurang maksimal di Hong Kong Coliseum, Sabtu (16/11), Hafiz/Gloria bertekuk lutut kepada unggulan keempat itu dalam tempo 39 menit dengan skor 16-21, 14-21. Pada gim pertama, Hafiz/Gloria sudah tertinggal sejak awal pertandingan melawan Watanabe/Higashino. Tidak hanya tak mampu mengejar, pasangan Indonesia ini juga tidak bisa menyeimbangkan kedudukan dan menyerah 16-21.

Pada gim kedua, pasangan Indonesia ini tidak kunjung meningkat. Hafiz/Gloria terus mengekor pasangan Jepang itu sepanjang pertandingan, namun tidak pernah melampauinya. Hafiz/Gloria kembali menyerah 14-21 pada gim ini.

Berdasarkan catatan BWF, Hafiz/Gloria dan Watanabe/Arisa sebelumnya sudah pernah bertemu pada tiga turnamen di Malaysia Open 2018, China Open 2018, dan BWF World Tour Finals 2018. Dari ketiga pertemuan itu, Hafiz/Gloria baru sekali mengalahkan duo Jepang pada BWF World Tour Finals 2018 setelah menang tiga gim 21-18, 16-21, dan 21-18.

Hafiz mengatakan, permainannya monoton sejak awal dengan melakukan drive-drive panjang. Padahal, lanjut dia, jika pola tersebut diubah mempunyai peluang untuk merebut kemenangan.

Namun, menurut Hafiz, dirinya dan Gloria tak bisa menerapkan perubahan tersebut. "Tapi kalau lihat hasil, ada peningkatan di turnamen kelima. Tapi kami merasa dari kualitas mainnya masih belum puas dan belum bisa mendobrak ke atas," ujar Hafiz usai pertandingan dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (16/11).

Gloria mengakui permainan Watanabe/Arisa sangat kuat dan mempunyai daya tahan tinggi. Watanabe/Arisa juga bisa mengubah pola permainan dengan cepat. Menurut dia, seharusnya dirinya dan Hafiz bisa lebih tahan lagi di lapangan dalam menerima serangan lawan.

Turnamen Hong Kong Open 2019 merupakan turnamen beruntun kelima yang diikuti Hafiz/Gloria setelah Denmark Open 2019, French Open 2019, Macau Open 2019, dan Fuzhou China Open 2019. Hasil terbaik diraih Hafiz/Gloria di Hong Kong Open 2019 ini dengan menembus babak semifinal.

Setelah Hafiz/Gloria tersingkir, Indonesia mengirimkan dua wakilnya di partai final, yaitu ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement