Senin 18 Nov 2019 12:38 WIB

Stefanos Tsitsipas Juarai ATP Finals 2019

Tsitsipas tercatat sebagai pemain termuda yang menjuarai ATP Finals sejak 2001.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Stefanos Tsitsipas
Foto: EPA-EFE/David Crosling
Stefanos Tsitsipas

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Petenis Yunani, Stefanos Tsitsipas, menjuarai ATP Finals 2019 setelah mengalahkan Dominic Thiem pada partai final, di O2 Arena, London, Inggris, Senin (18/11) dini hari WIB. Tsitsipas menang dengan skor 6-7 (6-8), 6-2, dan 7-6 (7-4).

Kemenangan ini membuat Tsitsipas tercatat sebagai pemain termuda yang menjuarai ATP Finals sejak Lleyton Hewitt dari Australia pada 2001. Tsitsipas saat ini berusia 21 tahun.

Pertandingan final dimainkan selama dua jam 35 menit. Permainan berlangsung ketat. Sehingga, kemenangan Tsitsipas harus diperoleh pada saat break-set terakhir.

Tsitsipas mengatakan, pertandingan final sungguh mendebarkan karena berlangsung ketat. Menurut dia memegang trofi ini merupakan sesuatu yang luar biasa dalam kariernya.

"Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan dan cara terbaik untuk mengakhiri pertandingan ini," ujar Tsitsipas usai laga, dilansir dari BBC, Senin.

Tsitsipas mengakui sempat gugup pada beberapa poin. Namun ia mengklaim bangkit pada poin berikutnya hingga mengambil break-set terakhir untuk memenangkan pertandingan.

Tsitsipas menambahkan, semangat dan perjuangan keras yang ditunjukkan di lapangan menghasilkan trofi tutup musim. Ia memang tampil luar biasa selama turnamen ini.

Lolos ke semifinal sebagai juara Grup Andre Agassi, Tsitsipas sukses mengalahkan Roger Federer di partai tersebut. Ia mematahkan hati masyarakat London yang banyak mendukung Federer lolos ke final.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement