Senin 18 Nov 2019 17:12 WIB

Bonucci: Timnas Italia Masih Kurang Pengalaman

Italia memiliki kesempatan untuk menorehkan rekor kemenangan sempurna dalam 10 laga.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Leonardo Bonucci
Foto: EFE/MATTEO BAZZI
Leonardo Bonucci

REPUBLIKA.CO.ID, PALERMO -- Kemenangan 3-0 atas Bosnia di lanjutan babak kualifikasi Piala Eropa 2020, akhir pekan lalu, mengantarkan Italia menorehkan sejarah baru. Untuk pertama kalinya sejak dibentuk pada 109 tahun silam, Gli Azzurri bisa mencatatkan rekor kemenangan dalam 10 laga internasional secara beruntun.

Catatan impresif ini termasuk dengan torehan kemenangan beruntun di sembilan laga Grup J babak kualifikasi Piala Eropa 2020. Alhasil, satu tiket ke putaran final Piala Eropa 2020 sudah dikantongi oleh tim besutan Roberto Mancini.

Baca Juga

Dominasi Italia di Grup J Babak Kualifikasi Piala Eropa 2020 ini terus berlanjut dengan keberhasilan meraih poin sempurna, 27 poin dari sembilan laga.

Dengan catatan impresif ini, Italia pun digadang-gadang bakal menjadi salah satu tim unggulan di putaran final Piala Eropa 2020. Kendati begitu, bek tengah timnas Italia, Leonardo Bonucci menilai, apabila dibandingkan tim-tim besar di Eropa lainnnya, Italia masih tertinggal, terutama dalam hal pengalaman.

''Saat dibandingkan dengan tim-tim besar lain, seperti Spanyol, Prancis, dan Jerman, kami masih sedikit tertinggal, terutama dalam hal pengalaman. Mereka memiliki begitu banyak pemain yang tampil di liga top Eropa. Namun, seiring dengan kesempatan menghadapi tim-tim dengan kualitas dan intensitas permainan yang tinggi, maka tim ini akan lebih baik,'' ujar Bonucci seperti dikutip Football Italia, Senin (18/11).

Bek tengah Juventus itu menambahkan, Italia baru bisa kembali sejajar dengan tim-tim kuat di Eropa apabila mampu bersaing secara langsung dengan tim-tim tersebut. ''Kami baru bisa kembali di jajaran negara besar di sepak bola Eropa apabila sudah bisa bersaing dengan tim-tim yang membuat banyak perbedaan di kancah sepak bola dalam beberapa tahun terakhir,'' jelas bek tengah berusia 32 tahun tersebut.

Italia memiliki kesempatan untuk menorehkan rekor kemenangan sempurna dalam 10 laga babak kualifikasi Piala Eropa 2020, kala menghadapi Armenia di Stadion Renzo Barbera, Palermo, Selasa (19/11) dini hari WIB. Diplot untuk menggantikan Giorgio Chiellini sebagai jenderal di jantung pertahanan timnas Italia, Bonucci pun mengaku siap mengemban tugas tersebut.

Kini, Bonucci siap mengantarkan Italia merengkuh torehan nilai sempurna, 30 poin dari 10 laga babak kualifikasi Piala Eropa 2020, dengan mengalahkan Armenia. ''Saya pernah berbuat kesalahan, tapi kesalahan itu telah membuat saya berkembang. Hal sama juga dialami pemain muda di tim ini. Hal positif di tim ini adalah kami semua kompak dan merasa dilibatkan dalam perkembangan tim,'' tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement