Senin 18 Nov 2019 18:07 WIB

Piala Presiden Bolabasket 2019 Ajang Pembuktian Pemain Lokal

Piala Presiden Bolabasket 2019 ini diikuti oleh sembilan tim IBL.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Ketua Steering Committee Piala Presiden Bola Basket 2019 Maruarar Sirait (tengah) bersama Ketua Organizing Committee Piala Presiden Bola Basket 2019 Cahyadi Wanda (kanan) dan Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih (kiri) memberikan keterangan pelaksanaan Piala Presiden Bola Basket 2019 di Jakarta, Senin (18/11).
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Steering Committee Piala Presiden Bola Basket 2019 Maruarar Sirait (tengah) bersama Ketua Organizing Committee Piala Presiden Bola Basket 2019 Cahyadi Wanda (kanan) dan Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih (kiri) memberikan keterangan pelaksanaan Piala Presiden Bola Basket 2019 di Jakarta, Senin (18/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Piala Presiden Bolabasket 2019 akan digelar pada 20-24 November 2019 di Sritex Arena Solo, Jawa Tengah. Piala Presiden Bolabasket 2019 ini diikuti oleh sembilan tim IBL.

Selain sebagai turnamen pramusim IBL, ajang ini menjadi kesempatan para pebasket lokal Indonesia untuk menunjukkan kemampuannya. Sebabm hanya pemain lokal yang diperkenankan bermain untuk memperkuat klub.

Baca Juga

Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Committee) Piala Presiden Bolabasket 2019, Cahyadi Wanda kepada media mengatakan, turnamen yang menyediakan total hadiah Rp[ 375 juta ini tak memperbolehkan pemain asing dan naturalisasi bermain.

"Kami berkoordinasi dengan IBL dalam menetapkan aturan main turnamen ini. Sebagai turnamen pramusim IBL, kami harapkan klub memaksimalkan pemain lokal mereka khususnya pemain pendatang baru atau rookie IBL yang beberapa waktu lalu dipilih oleh klub. Dengan memberikan waktu bermain yang cukup kepada pemain lokal," jelasnya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (18/11).

Menurut Cahyadi, pihaknya sengaja menggelar turnamen setelah IBL Draft 2019 agar tim-tim peserta bisa menggunakan pemain rookie-nya.

CEO IBL Junas Miradiarsyah menyampaikan kalau Piala Presiden Bolabasket 2019 ini memberikan kesempatan kepada klub IBL menurunkan pemain lokal mereka. "Ajang ini berguna bagi klub untuk mengetahui sejauh mana kekuatan pemain lokal, terutama rookie yang akan beberapa waktu lalu mereka pilih," kata dia.

Maruarar Sirait Steering Committee Piala Presiden Bolabasket 2019 berharap ajang yang baru pertama kali digelar ini akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. "Tadi saya sudah bertemu dengan Presiden di istana, sekaligus lami sampaikan undangan ke Presiden. Kami berharap bhadir apakah itu saat pembukaan ataupun penutupan," ujar Ara, sapaannya.

Ia mengatakan, Presiden berpesan untuk mengutamakan transparansi dalam menggelar acara. Untuk itu, panitia akan bekerja sama dengan Price House Cooper untuk mengaudit laporan keuangan kegiatan ini demi transparansi. 

"Selain itu, Presiden juga mengingatkan agar peserta menjunjung sportivitas saat pertandingan nanti," jelas Ara.

Ara menjelaskan kalau untuk transparansi laporan keuangan, timnya sudah teruji dalam empat kali pelaksanaan Piala Presiden Sepak Bola. "Bahkan untuk piala presiden sepak bola pihak televisi sudah ada yang menawarkan hak siar sebesar Rp 43 miliar, namun kami belum putuskan, itu semua karena kepercayaan. Di basket ini juga akan kami lakukan sikap transparansi keuangan. Satu lagi kami juga tidak menggunakan uang negara maupun BUMN," kata dia.

Ara juga tak lupa berterima kasih atas dukungan dari Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo yang telah bersedia memfasilitasi event Piala Presiden ini.

Kematangan panitia Piala Presiden dalam menyiapkan event basket nasional ini mendapatkan pujian Ketua Umum PB Perbasi Danny Kosasih. Penyelenggaraan Piala Presiden menjadi bukti keterlibatan semua pihak dalam meningkatkan kualitas dan mutu olahraga bola basket di Indonesia.

"Melihat dari matangnya event ini disiapkan, jelas membuat kami merasa sangat terkesan. Ini adalah bukti nyata kalau semua pihak ternyata juga mau ikut andil dalam meningkatkan prestasi basket nasional. Tentunya dukungan penuh akan kami berikan untuk bisa menyukseskan Piala Presiden ini," kata Danny Kosasih.

Piala Presiden 2019 nantinya akan membagi peserta menjadi tiga grup, turnamen ini akan menggunakan sistem round robbin. Hanya satu tim dari setiap grup yang berhak lolos ke babak empat besar, plus satu runner-up terbaik.

Berikut hasil undian Piala Presiden Bolabasket 2019:

Grup A

1. Satya Wacana

2. Pacific Caesar Surabaya

3. Amartha Hangtuah

Grup B

1. Pelita Jaya Basketball

2. Bima Perkasa Jogjakarta

3. NSH Jakarta

Grup C

1. Satria Muda Pertamina

2. Louvre Surabaya

3. Prawira

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement