Senin 18 Nov 2019 21:43 WIB

Timnas Pelajar Indonesia Siap Ladeni Korea Selatan

Timnas pelajar Indonesia akan meladeni Korsel di Stadion Batakan, Selasa (19/11).

Timnas Pelajar Indonesia tengah berlatih di Balikpapan, Senin (18/11).
Foto: Dok Kemenpora
Timnas Pelajar Indonesia tengah berlatih di Balikpapan, Senin (18/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Timnas pelajar Indonesia siap melawan Korea Selatan (Korsel) pada laga kedua Kejuaraan Sepak Bola Pelajar Asia 2019. Timnas pelajar Indonesia akan meladeni Korsel di Stadion Batakan, Selasa (19/11), dalam laga kedua Grup B.

Timnas pelajar berlatih di lapangan Bima Sakti, Sepinggan, Balikpapan pada Senin (18/11) sore. Menu latihan lebih banyak kepada mengembalikan kondisi setelah pertandingan pembuka melawan Sri Lanka, Ahad (17/11), untuk laga selanjutnya melawan Korea.

Baca Juga

"Kami lakukan conditioning, mengembalikan kondisi para pemain, serta melakukan evaluasi dari laga pertama. Sebab lawan selanjutnya lebih mumpuni dari pada Sri Lanka," kata pelatih timnas pelajar Bambang Warsito.

Ia mengaku tidak menerapkan strategi khusus jelang menghadapi Korsel. Menurut dia, yang terpenting para pemainnya fokus menghadapi lawan yang lebih cekatan dan piawai dalam bermain operan cepat.

"Sebelumnya kita juga pernah mengalahkan mereka pada ajang yang sama, sehingga anak-anak saya tekankan untuk tidak usah takut terhadap nama besar. Permainannya sama, siapa yang kuat mentalnya, itu yang akan menang nantinya," kata Bambang.

Animo masyarakat Balikpapan terhadap event ini sangat besar. Itu terlihat dari laga pertama, di mana Stadion Batakan penuh sesak dipadati para penggila sepak bola, sehingga diprediksi pada laga kedua Indonesia, kondisi yang sama akan terjadi. Melihat hal itu, Bambang Ito mengatakan jika skuat berjuluk Elang Muda Asia itu mampu bermain lepas, meski tampil di depan ribuan pendukungnya.

"Tentunya kini anak-anak akan tetap percaya diri saat melawan Korea nanti, bahkan mungkin anak-anak akan lebih termotivasi dengan kehadiran para pendukung di Stadion Batakan," kata dia.

Terkait rotasi pemain, Bambang Ito mengatakan jika Supriadi rencananya akan dimainkan sejak awal lantaran menurutnya dia memiliki jam terbang melawan tim-tim besar. Sedangkan terkait Salman yang dikhawatirkan tidak bisa tampil lantaran cedera, maka akan diganti dengan pemain tengah lainnya.

Laga Indonesia vs Korsel akan berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan pada pukul 18.00 WITA atau pukul 17.00 WIB. Laga akan disiarkan secara live streaming di channel Youtube Menoreh TV.

Korsel sebelumnya menaklukkan China 1-0 pada Senin (18/11) lewat gol Choi Ji Ho pada menit ke-74. Indonesia masih berada di puncak klasemen sementara Grup B, unggul perolehan gol dari Korsel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement