Rabu 20 Nov 2019 13:21 WIB

Lineker Sayangkan Spurs Pecat Pochettino

Tottenham Hotspur dinilai tak akan menemukan pelatih yang piawai sekelas Pochettino.

Gary Lineker
Foto: AP
Gary Lineker

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan bintang Tottenham Hotspur, Gary Lineker, bersikap sinis saat merespons pemecatan Maurichio Pochettino sebagai pelatih klub itu. Lineker menyatakan, Tottenham bakal tidak lagi menemukan pelatih yang piawai sekelas Pochettino.

Mantan pemain timnas Inggris itu tidak kuasa memahami argumentasi pemecatan pelatih asal Argentina itu dari Tottenham Hotspur. Kubu Spurs mengonfirmasi bahwa Pochettino dipecat bersama dengan sejumlah staf pelatih lainnya, yakni Jesus Perez, Miguel D'Agostino, dan Antoni Jimenez.

Baca Juga

Dilansir dari laman resmi klub, keputusan itu bermuara dari hasil negatif saat Tottenham mengarungi kompetisi Liga Primer Inggris musim 2019/2020. Pasukan Spurs hanya mengoleksi tiga kemenangan dari 12 laga di liga domestik.

Tottenham bahkan menuai malu tak terkira saat menderita kekalahan 2-7 dalam laga kandang melawan Bayern Muenchen di ajang Liga Champions.

photo
Mauricio Pochettino

Pelatih berpaspor Argentina itu memang belum memberi trofi kepada Tottenham selama lima setengah tahun membesut klub London Utara. Namun, Pochettino berhasil membawa Spurs empat kali meraih posisi empat besar Liga Primer Inggris. Ia bahkan mampu membawa klub itu sampai di babak final Liga Champions meski akhirnya ditaklukkan oleh Liverpool.

Dalam pesan yang terkirim via Twitter, Lineker menilai bahwa keputusan klub sungguh keliru besar dengan memecat Pochettino. Pasca-pemecatan Pochettino itu, Lineker memprediksi bahwa Spurs bakal menjumpai kendala tidak kecil untuk memperoleh pelatih anyar.

"Mauricio Pochettino dipecat Spurs," Lineker menulis. "Ia telah membantu dan membawa klub keluar dari kesulitan yang membebani klub selama bertahun-tahun."

Jika dibandingkan dari kacamata persentase kemenangan, hanya Tim Sherwood yang membukukan rekor kemenangan lebih baik dari Pochettino saat membesut Tottenham. Persentase kemenangan yang dicapai Pochettino mencapai 55,9 persen dari jumlah laga yang dilakoni pasukan Tottenham. Sherwood mencapai kemenangan sebanyak 59,1 persen.

Tottenham Hotspur bakal melakoni laga melawan West Ham pada Sabtu pekan ini. Spurs kini teronggok di posisi ke-14 dalam klasemen Liga Primer Inggris.

Manajamen Tottenham berharap dapat menunjuk pelatih anyar pada pekan ini juga. Sejumlah sumber yang terus dikonfirmasi menyebutkan Jose Mourinho berpeluang besar menggantikan posisi Pochettino.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement