Rabu 20 Nov 2019 22:29 WIB

Persiapan Atletik ke SEA Games 2019 Mendekati 100 Persen

Atletik menjadi penyumbang medali emas terbanyak Indonesia pada SEA Games 2017.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Suasana pemusatan latihan atletik Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (31/10).
Foto: Republika/Muhammad Ikhwanuddin
Suasana pemusatan latihan atletik Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (31/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) telah menyiapkan 35 atlet untuk mengikuti SEA Games 2019 di Filipina. Mereka terdiri dari 18 atlet putra dan 17 putri.

Para atlet itu total akan mengikuti 16 nomor perlombaan putra, 17 nomor perlombaan putri, dan satu nomor perlombaan campuran. Manajer Pelatnas PB PASI, Mustara mengatakan, menurut laporan dari masing-masing pelatih di setiap nomor, persiapan para atlet menjelang event dua tahunan tersebut sudah mendekati 100 persen.

"Kalau dari laporan pelatih sih on schedule. Mudah-mudahan tak masalah. Atlet juga sudah mendekati 100 persen. Yang paling penting itu di akhir-akhir ini adalah masalah psikologi ya. Kami juga punya tim psikologi dan recovery yang cukup baik," kata Mustara di Stadion Madya, Rabu (20/11).

Cabang olahraga atletik menjadi penyumbang medali emas terbanyak Indonesia pada SEA Games 2017. Sebanyak lima medali emas dipersembahkan Atjong Tio Purwanto, Hendro Yap, Triyaningsih, dan Eki Febri Ekawati.

Pada SEA Games 2019, Indonesia berharap atletik bisa kembali berprestasi. Pasalnya, jika dilihat dari komposisinya, atlet senior masih mendominasi dibandingkan atlet remaja atau junior. Sebab itu, dengan komposisi atlet yang dikirim, Indonesia berpeluang kembali mengulang prestasi di SEA Games Filipina.

Mustara mengungkapkan, atlet muda yang dikirim ke SEA Games 2019 tidak dipatok untuk mendapatkan medali. "Mereka kami berangkatkan juga, tapi kami bukan targetkan medali, meskipun kami juga ingin tetap meningkatkan prestasi karena cabang kami terukur," jelasnya.

Selain itu, Mustara mengatakan, PB PASI ingin tetap mempertahankan prestasi yang diraih atletik sebagai penyumbang medali terbanyak. Menurutnya, tanpa diberikan target oleh pemerintah sekali pun, para atlet atletik sudah mempunyai catatan waktunya masing-masing.

Namun, Mustara berharap pada SEA Games 2019 nanti, posisi atletik sebagai peraih medali terbanyak pada SEA Games 2017 tak tergantikan.

"Saya ingin medali sebanyak-banyaknya agar marwah atletik tetap sebagai induk olahraga," kata Mustara. "Kalau di konsep jangka panjang kami memperbaiki peringkat-peringkat, bukan hanya di prestasi tapi juga secara organisasi, ranking negara kita juga kan naik saat punya juara dunia. Sasaran kami bukan SEA Games lagi, kami harus ke atas," lanjut dia.

Mustara juga mengungkapkan motivasi yang dimiliki PB PASI untuk mengalahkan Malaysia agar atletik bisa menduduki peringkat keempat. Dia memastikan atletik siap untuk bersaing dengan Malaysia. Namun di sisi lain, kata dia, atletik Malaysia mendapat dukungan penuh dari pemerintahnya. "Mereka punya Bukit Jalil, kita ada lapangan tapi bisa dipakai siapa pun, negara tak menyiapkan fasilitas untuk stadion atletik," keluh Muatara.

Atlet atletik akan berangkat ke Filipina mulai 2 Desember mendatang. Dari rombongan tersebut, yang menjadi andalan untuk memperoleh medali, Mustara menyebut, antara lain Agus Prayogo, Hendro, dan Emilia Nova.

Namun, Mustara tidak menutup kemungkinan adanya nama-nama baru yang bisa menorehkan prestasi di SEA Games nanti. Sebab, menurutnya, setiap atlet harus bisa menaikkan kompetensinya masing-masing. "Atletik itu ada 47 number of event, sejatinya kami kekurangan karena baru 34 nomor yang diikuti jadi masih ada peluang nomor lain yang harus kami cari dan kami harus cari atlet-atlet muda," tegasnya.

Berikut daftar nama atlet atletik SEA Games 2019:

Putra:

Eko Rimbawan

Mochammad Bisma Abina

Joko Kuncoro Ad

Adith Rico Pradana

Adith Rici Pradana

Agus Prayogo

Robi Syaintun

Welman David Pasaribu

Rio Maholtra

Halomoan Edwin Binsar

Atjong Tio Purwanto

Hendro

Bayu Prasetyo

Frederick Saputra

Sapwaturrahman

Rafka Putra

Abd Hafiz

Fauma Defril Jumra

Putri:

Alvin Tehupeiory

Tyas Murtiningsih

Jeany Nuraini A Agreta

Ema Nuryanti

Dewi Ayu Agung Kurniayanti

Sri Maya Sari

Eka Cahaya Ningrum

Marselina Tamu Apu

Agustina Mardika Manik

Pretty Sihite

Triyaningsih

Odekta Elvina Naibaho

Emilia Nova

Maria Natalia Londa

Diva Renatta Jayadi

Eki Febri Ekawati

Atina Nurkamila Intan Bandar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement