Senin 25 Nov 2019 08:38 WIB

Jose Mourinho: the Special Debut

Jose Mourinho memiliki rekor kemenangan sempurna pada laga debut di Liga Inggris.

Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho (tengah).
Foto: EPA-EFE/WILL OLIVER
Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Anggoro Pramudya

Kemenangan 3-2 Tottenham Hotspur atas lawannya West Ham United pada lanjutan Liga Primer Inggris pekan ke-13 yang berlangsung di Stadium London, Sabtu (23/11) malam WIB, memutus puasa kemenangan Spurs ketika berlaga di kandang lawan. Hal itu sekaligus mempertahankan rekor manis Jose Mourinho selama menjalani debutnya sebagai pelatih baru di kompetisi elit Negeri Ratu Elizabeth.

Baca Juga

Tak hanya mengamankan tiga angka Mourinho juga mampu membawa the Lillywhites mendominasi permainan. Tottenham mencatat 70 persen penguasaan bola sehingga memimpin tiga gol lebih dahulu melalui Son Heung-Min, Lucas Moura, dan Harry Kane.

Sedangkan, dua gol the Hammers dicetak Michail Antonio pada menit ke-73, dan Angelo Ogbonna menit ke-90. Hasil ini membuat Tottenham naik ke posisi sembilan dengan perolehan angka 17. Adapun, West Ham masih tercecer di peringkat 13.

Purnalaga Mourinho mengaku apabila Spurs bisa saja memenangkan pertandingan dengan skor 4-0 dan menjaga clean sheet. Meski begitu, ia memaklumi kondisi kebugaran pasukannya yang baru saja menjalani tugas internasional.

"Saya mengumpulkan informasi, ide, pekerjaan dan pekerjaan, tapi itu tetap masih berbeda, emosinya masih berhubungan dengan itu," kata Mourinho dilansir laman resmi klub, Ahad (24/11).

Mourinho sendiri punya catatan bagus kala melakoni laga debut bersama klub-klub Inggris yang dahulu sempat ia tangani. Rekor pelatih asal asal Portugal di laga debut sejauh ini masih sempurna, saat pertama kali memijakan kaki di rumput Liga Inggris bersama Cheslea pada 2004, Mour langsung sukses mengalahkan Manchester United (MU) 1-0.

Sempat hengkang ke Inter Milan dan Real Madrid Mourinho kembali ke Stamford Bridge pada 2013. Catatan laga the Special One pun belum ternoda. Saat itu ia sukses membawa the Blues menang 2-0 atas Hull City.

Berganti kesebelasan, Mou sukses meneruskan hasil positif bersama MU ketika bentrok versus AFC Bournemouth 3-1. Rentetan hasil tersebut kembali dipertahankan entrenador berusia 56 tahun saat menangani Tottenham Hotspur. Bahkan, ia sukses membawa the Lillywhites bangkit dari keterpurukan.

Meski begitu, Mourinho tak ingin menjadi sorotan dan memilih untuk merendah dengan mengatakan kemenangan tersebut diraih atas kerjasama tim yang solid.

"Ini bukan tentang saya, melainkan tentang klub ini. Saya sangay bahagia melatih anak-anak ini. Saya tak membuat efek apa-apa, saya hanya membantu tim memenangkan pertandingan ini," sambung Mou.

Di Tottenham, Mourinho menggantikan peran Mauiricio Pochettino pada awal pekan kemarin yang gagal meningkatkan performa tim. Dari 12 laga yang telah dijalan Pochettino bersama Spurs musim 2019/2020 ia hanya mengumpulkan tiga kemenangan, lima hasil imbang, dan empat kekalahan.

Selanjutnya, Mourinho bersiap melakoni laga sengit versus Olimpiakos pada lanjutan Liga Champions tengah pekan nanti. Berselang tiga hari Harry Kane dkk akan menjamu AFC Bournemouth sebelum bertemu klub lamannya Manchester United 5 Desember.

Berikut lima catatan menarik pada debut perdana Jose Mourinho sebagai pelatih Tottenham Hotspur sebagaiamana dilansir BBC Sport, Ahad (24/11) :

1 Untuk pertama kalinya Tottenham berhasil meraih kemenangan dalam tiga lawatan ke markas West Ham United secara beruntun

8 Harry Kane telah mencetak delapan gol dalam sembilan pertandingan terakhir Liga Inggris melawan West Ham. Memang, Kane telah mencetak 29 gol dalam 46 derby London di Liga Inggris, hanya Thierry Henry (43), Teddy Sheringham (32) dan Frank Lampard (32) yang mencetak lebih banyak

12 Mourinho langsung menyamai rekor perolehan poin Mauricio Pochettino dalam 12 laga tandang terakhirnya bersama Tottenham di Liga Primer Inggris

19 Son Heung-min adalah pencetak gol terbanyak Tottenham di semua kompetisi pada 2019 dengan catatan satu gol, ia mengalahkan Kane yang mencatat 18 gol

2000 sejak kekalahan perdana sebagai pelatih Benfica pada 2000, Jose Mourinho melewati setiap laga pertamanya bersama delapan klub lain tanpa kekalahan

photo

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement