Senin 25 Nov 2019 16:13 WIB

SEA Games 2019, Timnas U-23 Siap Hadapi Thailand

Timnas U-23 akan menghadapi Thailand di pertandingan perdana grup B SEA Games 2019.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Bayu Hermawan
Pelatih Timnas U-23 Indra Sjafrie di Jakarta, Rabu (6/11).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih Timnas U-23 Indra Sjafrie di Jakarta, Rabu (6/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional U-23 Indonesia akan melakoni laga perdana Grup B di ajang SEA Games 2019 menghadapi Thailand di Stadion Rizal Memorium, Manila pada Selasa (26/11) sore WIB. Skuat Garuda Muda tergabung di Grup B bersama Vietnam, Thailand, Laos, Singapura, serta Brunei Darussalam.

Dengan Thailand, ini akan menjadi pertemuan ketiga bagi Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan di tahun ini. Pertama, tim asuhan Indra Sjafri menang 2-1 pada final Piala AFF U-22 2019 di Phnom Penh, Kamboja, 26 Februari lalu. Kedua, Garuda Muda takluk 0-4 pada kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Hanoi, Vietnam, 22 Maret lalu.

Baca Juga

Meski bermodal kekalahan pada pertemuan terakhir, tim asuhan Indra Sjafri ini tetap percaya diri menatap laga melawan Thailand nanti. Rasa optimistis itu didorong dengan keinginan Garuda Muda untuk menyumbangkan medali emas pada SEA Games kali ini.

Sebab itu, Indra menargetkan kemenangan di seluruh pertandingan Grup B. Garuda Muda berharap bisa memutus puasa medali emas sejak terakhir meraihnya 28 tahun lalu usai mengandaskan Thailand di final lewat adu penalti. Dengan semangat tersebut, Garuda Muda tentu wajib memenangkan laga perdana ini demi menambah percaya diri melakoni laga berikutnya.

"Kita akan berjuang. Karena keberadaan kami di sini adalah menjalankan misi untuk mengulang sejarah menjadi juara. Indonesia terakhir menjadi juara SEA Games pada tahun 1991 dan itu terjadi di Manila. Inilah yang kita perjuangkan," ujar Indra, dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (25/11).

Pelatih berusia 56 tahun itu berharap bisa meraih hasil positif saat melawan Thailand. Namun, Indra menyadari, tim asuhannya tak bisa bekerja sendirian. Menurutnya, Evan Dimas dan kawan-kawan juga membutuhkan dukungan serta doa dari seluruh masyarakat Indonesia. Terlepas dari itu, pelatih asal Sumatera Barat itu memastikan Timnas U-23 Indonesia berada dalam kondisi siap tempur. Sehari menjelang laga melawan Thailand, Evan Dimas dan kawan-kawan menjalani program latihan ringan untuk menjaga kebugaran dan stamina di Stadion Rizal Memorium sejak pukul 06.00 waktu setempat. Indra mengaku rileks jelang laga perdana tersebut.

"Semoga anak-anak tampil disiplin dan tidak membuat banyak kesalahan. Kami juga meminta doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia," ujar Indra Sjafri.

Senada dengan itu, gelandang Timnas U-23 Indonesia, Evan Dimas mengatakan semua pemain dalam kondisi baik untuk tampil maksimal melawan Thailand. Dia mengungkapkan skuat Garuda Muda akan fokus pada pertandingan namun tetap rileks. Evan memastikan para pemain tidak merasa terbebani atau grogi untuk menghadapi Thailand.

"Ya kita akan tampil lepas. Fokus pada permainan dan menjalankan sebaik mungkin strategi dan taktik yang diinginkan pelatih. Tentu sebaga pemain,  kita akan membuat improvisasi untuk tim," ujar Evan.

"Ya pokoknya kita bawa senang saja. Kita ingin rileks, berpikir positif dan fokus untuk menghadapi pertandingan melawan Thailand," ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan penjaga gawang, Nadeo Agra Winata.Menurut dia, para pemain sudah siap tampil dan akan berjuang memberikan hasil terbaik kepada seluruh masyarakat Indonesia. "Laga pertama pasti tidak akan mudah. Namun, kami berharap kami bisa melalui dengan hasil positif," kata Nadeo.

Adapun striker Timnas U-23 Indonesia, Muhammad Rafli memastikan diri siap untuk tampil masksimal melawan Thailand. "Semua anggota tim sudah siap. Kami akan berjuang habis-habisan dan berupaya memberikan hasil terbaik," kata Rafli.

Sebelum melaju ke SEA Games 2019, skuat Garuda Muda telah melakukan berbagai persiapan mulai dari pemusatan latihan (TC) hingga laga uji coba. Saat melakoni laga uji coba melawan Timnas U-23 Iran, Evan Dimas dkk berhasil mememtik hasil imbang 1-1 pada pertemuan pertama dan menang 2-1 di pertemuan terakhir. Ini akan menjadi modal bagus bagi Garuda Muda untuk menghadapi tim berjuluk the War Elephants. Namun, Indra Sjafri tak boleh menganggap remeh tim asuhan Akira Nishino tersebut. Sebab, Thailand merupakan juara bertahan pada ajang ini. Thailand tercatat sebagai tim tersukses dari cabor sepak bola SEA Games dengan koleksi 16 emas sepanjang sejarah.

Perkiraan susunan pemain:

Indonesia: Nadeo Argawinata (kiper); Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris, Andy Setyo, Firza Andika; Evan Dimas, Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu; Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli, Witan Sulaiman.

Pelatih: Indra Sjafri

Thailand: Nont Muangngam; Shinnapat Leaoh, Sarayut Sompim, Chatchai Saengdao, Saringkan Promsupa; Supachok Sarachat, Kritsda Kaman, Anon Amornledsak; Supachai Jaided, Sittichok Paso, Suphanat Mueanta.

Pelatih: Akira Nishino

Lima pertemuan terakhir kedua tim:

22/03/2019 (Kualifikasi Piala Asia): Thailand U-23 4-0 Indonesia U-23

26/01/2019 (Piala AFF): Indonesia U-23 2-1 Thailand U-23

15/08/2017 (SEA Games) Indonesia U-23 1-1 Thailand U-23

23/07/2017 (Kualifikasi Piala Asia) Thailand U-23 0-0 Indonesia U-23

13/06/2015 (SEA Games) Thailand U-23 5-0 Indonesia U-23

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement