Ahad 01 Dec 2019 22:53 WIB

Mahaka Group Sabet Perunggu Sinar Mas Land Basket

Mahaka Group mengatasi NTT lewat pertarungan menegangkan dengan skor tipis 41-40.

Bigman Mahaka Group Rully Johan berusaha menembak saat menghadapi NTT di perebutan peringkat ketiga Sinar Mas Land Basketball Tournament 2019.
Foto: DOK JUSRAGA
Bigman Mahaka Group Rully Johan berusaha menembak saat menghadapi NTT di perebutan peringkat ketiga Sinar Mas Land Basketball Tournament 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, SERPONG -- Tim basket Mahaka Group menyabet perunggu atau peringkat ketiga Sinar Mas Land Basketball Tournament (SMLBT) 2019. Di perebutan peringkat tiga, Mahaka Group mengatasi NTT lewat pertarungan menegangkan dengan skor tipis 41-40 di Lapangan Basket The Breeze, BSD City, Ahad (1/12).

SMLBT 2019 merupakan edisi ketujuh turnamen yang mempertemukan sejumlah perusahaan atau grup media nasional dan perusahaan e-commerce. Mahaka Group yang diperkuat oleh empat karyawan Republika, melaju hingga ke final kategori media, namun kalah dari juara bertahan Transmedia.

Baca Juga

Alhasil, Mahaka Group harus berhadapan dengan NTT, tim yang kalah pada final kategori e-commerce dari Gojek. Dengan skuat terbatas, Mahaka Group memberikan perlawanan terbaik. Setelah sempat unggul pada kuarter pertama, NTT berbalik mengejar dan kemudian unggul tipis hingga jelang pertandingan berakhir.

Saat waktu tersisa 8 detik dan dalam posisi tertinggal 39-40, Mahaka Group mengambil time out. Pelatih Junas Miradiarsyah kemudian menggambar pola permainan yang harus dijalani untuk bisa menambah dua angka dan berbalik unggul. Pola ini ternyata dieksekusi dengan baik oleh lima pemain Mahaka Group yang dipercaya tampil di lapangan saat itu, yakni Hari Purwanto, Ewaldiez 'Adiez' Christov Rolevando Manafe, Rully Johan, Panji Ari, dan Gigih Yoga.

Dimulai dari screen untuk melepaskan Hari dari penjagaan lawan, Adiez kemudian mengoper bola dari sideline. Hari kemudian menerobos masuk dan mengakhirinya dengan under basket yang dipantulkan ke papan sebelum melesak mulus ke jaring.

NTT hanya punya waktu tiga detik untuk membalikkan keadaan. Namun penjagaan ketat para pemain Mahaka Group membuat NTT gagal untuk setidaknya memaksa overtime.

photo
Tim basket Mahaka Group

"Kami senang bisa meraih kemenangan walau dengan skor tipis. Terima kasih kepada rekan-rekan pemain dan para pimpinan Mahaka Group yang selalu memberikan dukungan selama ini hingga kami bissa meraih piala untuk pertama kali di turnamen ini," ujar pemain senior Mahaka Group Fitriyanto.

Adapun tim basket Transmedia akhirnya mempertahankan gelar juara setelah mengalahkan Gojek dengan skor 48-38. Tahun lalu, Transmedia juga menjadi juara setelah mengalahkan Gojek.

"Selamat untuk Transmedia masih bisa membuktikan sebagai tim terkuat di SMLBT.  Saya berharap pada tim-tim yang belum juara agar lebih mempersiapkan diri lebih maksimal agar bisa mengalahkan juara bertahan," kata Panji Himawan selaku Corporate Communications & Public Affairs Division Head Sinar Mas Land.

Panji juga menambahkan, ajang ini akan dievaluasi lagi untuk mencari hal yang baru demi peningkatan kualitas turnamen pada tahun berikutnya. 

Mengomentari kemenangan ini, pelatih Transmedia Ismael mengaku tim lawan bermain cukup bagus sehingga para pemain asuhannya bermain ragu-ragu dan kurang lepas. "Kami tertolong permainan tim lawan yang banyak error dan penampilan terbaik pemain big man kami di bawah ring. Itu pun di kuarter 3-4," kata Ismael yang juga asisten pelatih tim Satria Muda Pertamina.

Transmedia membawa pulang hadiah uang tunai Rp 15 juta, piala juara, dann piala bergilir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement