Selasa 03 Dec 2019 15:45 WIB

Ada Pesepak Bola Asia dalam Daftar Finalis Ballon d'Or 2019

Son pemain Asia pertama yang dinominasikan sejak Younis Mahmoud dari Irak pada 2007.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Endro Yuwanto
Son Heung-min
Foto: EPA-EFE/ANDREJ CUKIC
Son Heung-min

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Bintang sepak bola Korea Selatan (Korsel) Son Heung-min masuk dalam pemungutan suara untuk penghargaan Ballon d'Or atau pesepak bola terbaik dunia 2019, Selasa (3/12). Yonhap News Agency mengulas karier Son yang melesat di Inggris.

Dalam sebuah wawancara yang diadakan di Paris, Son yang merupakan kartu as Tottenham Hotspur berada di posisi ke-22 dari 30 nominasi dalam pemungutan suara Ballon d'Or. Ikon FC Barcelona Lionel Messi mengantongi rekor Ballon d'Or keenamnya, mengalahkan seterunya bintang Juventus, Cristiano Ronaldo.

Baca Juga

Son adalah pemain Asia pertama yang dinominasikan sejak Younis Mahmoud dari Irak pada 2007. Mahmoud ada di posisi ke-29 tahun itu. Mahmoud menjadi satu-satunya orang Asia yang muncul dalam peringkat 30 besar terakhir sebelum Son.

Dua pemain Korsel telah dinominasikan untuk Ballon d'Or. Mantan penyerang Anderlecht Seol Ki-hyeon pada tahun 2002 dan mantan gelandang Manchester United Park Ji-sung pada tahun 2005. Tetapi keduanya tak pernah masuk tahap pemungutan suara.

Son mencetak beberapa gol kunci untuk mengantar Tottenham Hotspur ke final Liga Champions UEFA pertama pada Juni lalu. Namun, Spurs kalah dari Liverpool di partai final. Son mencetak 12 gol di Liga Primer Inggris selama musim 2018/2019.

Saat ini, Son mengemas sembilan gol dari 18 pertandingan musim 2019/2020, termasuk di Liga Primer dan Liga Champions UEFA. Spurs terseok usai awal musim yang buruk hingga berada di urutan kelima klasemen Liga Primer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement