Rabu 04 Dec 2019 11:45 WIB

Diundang Tampil di Copa America, Australia Hadapi Argentina

Laga Grup A digelar di Argentina sebagai salah satu tuan rumah Copa America.

Pelatih timnas Australia Graham Arnold menantikan laga timnya di Copa America 2020 melawan Argentina.
Foto: EPA-EFE/DAVID GRAY
Pelatih timnas Australia Graham Arnold menantikan laga timnya di Copa America 2020 melawan Argentina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Australia akan mendapatkan kesempatan langka bertarung dengan Argentina. Ini karena Australia diundang berlaga pada Copa America 2020. Setelah pengundian, Australia masuk ke Grup A bersama Argentina, Paraguay, Bolivia, Uruguay, dan Cile. Laga Grup A digelar di Argentina sebagai salah satu tuan rumah Copa America.

Di Grup B, juara Asia Qatar yang menjadi tim tamu lainnya, akan menantang Kolombia, Brasil, Venezuela, Ekuador dan Peru. Semua pertandingan Grup B digelar di Kolombia.

Baca Juga

Australia dan Qatar diputuskan mengikuti turnamen ini dalam seremoni pengundian turnamen ini Selasa (3/12) waktu setempat. Turnamen tahun depan itu diselenggarakan di Argentina dan Kolombia yang keduanya dipisahkan sampai jarak 7.000 kilometer.

Pelatih Australia Graham Arnold mengaku sangat menunggu pertemuan dengan Argentina di Buenos Aires. "Itu yang jadi perhatian, ini soal menguji diri sendiri pada level tertinggi," kata Arnold sehabis pengundian itu. "Para pemain juga sangat senang memiliki kesempatan sangat besar itu."

Arnold adalah anggota skuat Socceroos yang dikalahkan Argentina di bawah bintang Diego Maradona pada 1993 dalam pertandingan play-off Piala Dunia 1994. Arnold masih mengingat pengalaman hebat tersebut.

"Pemain-pemain kami belum pernah punya pengalaman bermain di Amerika Selatan. Jadi bisa bermain di Amerika Selatan di stadion-stadion hebat itu akan menghebohkan," kata dia.

Copa America 2020 untuk pertama kali dalam sejarah modern digelar di dua negara. Argentina dan Kolombia dipilih sebagai tuan rumah setelah badan sepak bola Amerika Selatan CONMEBOL menolak tawaran federasi sepak bola Amerika Serikat menambah peserta Copa America menjadi 16 tim.

Turnamen ini edisi 2020 juga berubah format yang kali ini akan melewati dua putaran grup yang masing-masing berisi enam tim. Empat teratas masing-masing grup berhak lolos ke perempat final.

Turnamen dibuka dengan pertandingan Argentina melawan Cile pada 12 Juni di Buenos Aires. Australia akan mengawali turnamen itu melawan Uruguay pada 13 Juni, sedangkan Qatar membuka partisipasinya dengan melawan Peru pada 14 Juni.

Turnamen yang berlangsung dari 12 Juni sampai 12 Juli itu adalah edisi ke-47 Copa America yang merupakan kompetisi sepak bola internasional paling tua di dunia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement