Rabu 04 Dec 2019 19:14 WIB

FIFA Siap Kembangkan Wasit Perempuan di Pakistan

Wasit sepak bola wanita FIFA, Akhona Makalima, siap memberi bantuan teknis.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Endro Yuwanto
Seorang wasit wanita memimpin sebuah pertandingan sepak bola (Ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/SEDAT SUNA
Seorang wasit wanita memimpin sebuah pertandingan sepak bola (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LAHORE -- Wasit sepak bola perempuan bersertifikasi FIFA, Akhona Makalima, siap memberi bantuan teknis kepada perempuan Pakistan. Tujuannya agar mereka menjadi wasit sepak bola profesional.

Makalima berada di Pakistan atas undangan khusus dari CEO Akademi Olahraga Galaxy Rabia Qadir dan Direktur Universitas Punjab Tahira Salim. Perempuan asal Afrika Selatan itu mengatakan, ada kebutuhan yang sangat besar untuk menciptakan kesadaran dan semangat di antara semua perempuan terkait dengan olahraga.

“Masalah-masalah yang dihadapi oleh wanita di Pakistan dan Afrika Selatan hampir sama. Namun di era modern, kita bisa melihat peningkatan yang jelas dalam jumlah wanita berkarier di olahraga di kedua negara," kata Makalima seperti dilansir dari the Nation, Rabu (4/12).

Makalima menekankan tujuan kunjungan di Pakistan juga dalam rangka promosi olahraga sebagai karier bagi perempuan. "Saya di sini sebagai bagian dari program pemantauan olahraga global dan saya akan dengan senang hati membimbing para wanita olahraga di Pakistan dengan cara sebaik mungkin," ujar dia.

Sementara itu, Rabia Qadir berharap kunjungan Makalima membantu para wanita mengetahui cara meningkatkan kesejahteraan dengan bergabung dalam bidang teknis olahraga. Misalnya dengan menjadi wasit sepak bola profesional.

Tahira Salim menambahkan bahwa kampusnya mendukung penuh peningkatan kualitas olahraga di Pakistan. "Pengembangan olahraga perempuan tidak mungkin dilakukan tanpa kerja sama dengan Universitas Punjab," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement