Kamis 05 Dec 2019 04:14 WIB

Vs Brighton, Momen Bangkit untuk Arsenal

Arsenal belum pernah menang dalam delapan pertandingan terakhir di semua kompetisi.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Freddie Ljungberg
Foto: EPA/JAGADEESH NV
Freddie Ljungberg

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal sedang mencari momentum untuk bangkit dari keterpurukan, setelah dua bulan tak merasakan manisnya kemenangan. Delapan pertandingan tanpa kemenangan dengan enam di antaranya di Liga Primer Inggris, membuat Unai Emery didepak dari kursi pelatih di Emirates Stadium.

Kehadiran Freddie Ljungberg pun masih belum memberikan hasil positif untuk bisa mengangkat mental para pemain Arsenal. Oleh karena itu, pertandingan melawan Brighton and Hove Albion, Jumat (6/12), menjadi momen bangkit the Gunners. Apalagi, ini menjadi laga perdana Ljungberg di Emirates, untuk bisa merebut hati fan dan petinggi Arsenal agar bisa ditunjuk sebagai pelatih tetap.

Baca Juga

''Saya datang ke Emirates dan ingin kami memenangkan pertandingan. Mereka ingin kami main bagus dan itu satu-satunya cara mendapatkan atmosfer yang bagus,'' ujar Ljungberg, dikutip dari laman resmi klub, Kamis (4/12).

Pelatih asal Swedia itu pun tidak ingin dipusingkan dengan hasil negatif Arsenal dalam dua bulan terakhir. Ia mengaku telah menggelar dua sesi latihan untuk mempersiapkan timnya dengan baik. Apalagi, Ljungberg mewaspadai Brighton yang sering mengganti formasi dan bertahan dengan baik dan terorganisasi.

Namun, main di kandang sendiri harus dimanfaatkan dengan baik oleh finalis Liga Europa musim lalu tersebut. Karena itu, Ljungberg, yang juga mantan penggawa Arsenal tersebut akan merancang strategi untuk menentukan bagaimana timnya bermain. Ditambah, ini juga jadi debut Ljungberg di Emirates sejak ditunjuk sebagai pelatih interim sepekan lalu.

Arsenal memang harus menang. Bukan hanya untuk membangkitkan mental pemain, tapi juga untuk memperbaiki posisi yang saat ini ada di peringkat kesembilan klasemen Liga Primer Inggris. Jika gagal menang lagi, dipastikan posisi Arsenal akan terus turun karena persaingan di papan tengah cukup ketat.

Sementara Brighton, kalau tidak ingin turun ke zona degradasi, minimal bisa membawa pulang tiga poin. Sebab Brighton hanya berjarak tiga poin dari Southampton di posisi 18.

Fakta Jelang Laga

8    - Arsenal belum pernah menang dalam delapan pertandingan terakhir di semua kompetisi atau enam pertandingan di Liga Primer Inggris

6    - Arsenal dan Brighton sudah enam kali bertemu di semua kompetisi sejak 2013

3    - Arsenal tiga kali menang atas Brighton dalam enam pertemuan

12    - Aubameyang sudah mencetak 12 gol untuk Arsenal dalam 17 penampilannya di semua kompetisi

2    - Arsenal baru meraih dua kemenangan dalam 12 pertandingan di liga, atau sejak dua kali menang pada dua laga pembuka Liga Primer Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement