Ahad 08 Dec 2019 20:17 WIB

Cetak Gol Backheel ke Mallorca, Suarez: Itu Gol Terbaik Saya

Kemenangan atas Mallorca bantu tingkatkan kepercayaan diri para penggawa Barcelona.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Luis Suarez
Foto: EPA-EFE/Raul caro
Luis Suarez

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Luis Suarez sukses menyumbang satu gol kala Barcelona mencukur Real Mallorca, 5-2, di Stadion Camp Nou, Ahad (8/12) dini hari WIB. Mampu mencetak gol lewat aksi backheel, Suarez pun menyebut gol itu menjadi gol terbaiknya di sepanjang karier profesionalnya hingga saat ini.

Eks penyerang Liverpool itu mencetak gol keempat Barcelona di laga tersebut, tepatnya pada menit ke-43. Usai menerima sodoran umpan dari Frenkie De Jong di dalam kotak penalti, Suarez langsung melakukan backheel sambil membelakangi gawang Mallorca. Tanpa bisa diduga pemain bertahan, bola pun meluncur ke arah pojok kanan gawang dan tak bisa dihalau kiper Mallorca.

Baca Juga

Penyerang berusia 32 tahun itu mengakui, pada saat itu, ia tidak memiliki banyak pilihan, selain mencungkil bola dengan tumit belakang. Selain berada di sudut yang sempit, posisi Suarez juga tidak menguntungkan lantaran membelakangi gawang. Namun, pilihan untuk melakukan backheel itu malah berujung dengan terjadinya gol.

''Hingga sejauh ini, itu adalah gol terbaik sepanjang karier profesional saya. Saya tahu, saya berada di sudut yang sempit dan tidak memiliki banyak pilihan. Sebenarnya, saya berharap bola itu sedikit memantul, karena saya tidak memiliki kesempatan berhadapan langsung dengan kiper,'' ujar Suarez seperti dikutip Marca, Ahad (8/12).

Kemenangan atas Mallorca itu akhirnya membawa Barcelona kembali menempati posisi teratas klasemen sementara. Meski memiliki poin yang sama dengan Real Madrid, 34 poin dari 15 gol, tapi juara bertahan La Liga itu unggul jumlah selisih gol dibanding seteru sengitnya tersebut.

Suarez pun menyebut, kemenangan ini telah membantu meningkatkan kepercayaan diri para penggawa Barcelona. Terlebih, di laga itu Barcelona dianggap mulai kembali menemukan identitas permainannya yang identik dengan sepak bola menyerang dan mendominasi permainan. ''Kemenangan ini menunjukkan kami telah mendapatkan kepercayaan diri kami kembali,'' kata Suarez.

Tidak hanya itu, Suarez juga memuji proses adaptasi yang dilakukan Antoine Griezmann. Menurutnya, pemain yang didatangkan dari Atletico Madrid pada awal musim ini tersebut sudah mulai memahami peran dan tugasnya di lini serang Barcelona. Di laga itu, Griezmann menjadi pencetak gol pertama La Blaugrana.

''Selama ini, tantangan terbesar buat dia adalah menempati posisi baru di lini serang, dan terus membuka ruang di lini belakang lawan. Saya harus mengucapkan selamat karena dia berhasil beradaptasi dengan cukup baik,'' kata Suarez yang telah mengemas delapan gol dari 13 laga di pentas La Liga musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement