Selasa 10 Dec 2019 19:45 WIB

Empat Negara yang Pernah Dilarang Tampil di Piala Dunia

Tampil dalam hajatan bergengsi seperti Piala Dunia menjadi impian setiap negara.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Agung Sasongko
Piala Dunia
Piala Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tampil dalam hajatan bergengsi seperti Piala Dunia menjadi impian setiap negara. Akan tetapi, tak semua negara memiliki kesempatan untuk tampil di turnamen yang dahulu disebut sebagai trofi Jules Rimet.

Setidaknya tiga negara yang pernah dilarang tampil di gelaran Piala Dunia, tentunya dengan berbagai alasan. Berikut 4 negara yang pernah dilarang tampil di Piala Dunia dikutip ESPN, Selasa (10/12) ;

Baca Juga

1950 (Belgia - Austria) Piala Dunia 1950 berlangsung di Brasil menjadi PD keempat setelah terakhir kali diadakan pada 1938 l. Sebelumnya FIFA sempat menghentikan turnamen itu karena Perang Dunia II.

Piala Dunia 1950 diikuti oleh 16 negara, dari tiga konfederasi berbeda. Benua Eropa diwakili tujuh negara dua diantaranya Belgia dan Austria. Namun, ketika turnamen akan berlangsung kedua negara tersebut batal berpartisiaspi karena dianggap belum memiliki banyak pengalaman di turnamen empat tahunan.

1950 (Jerman) Timnas Jerman dikenal sebagai salah satu tim kuat dan selalu diunggulkan di dalam setial gelaran Piala Dunia. Sayang, pada 1950 mereka absen karena Jerman baru saja terlibat Perang Dunia II.

Sementara Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) kala itu masih belum beroperasi secara normal. Tak berhenri sampai di sana, wilayah Jerman Timur kala itu juga masih diduduki Uni Soviet.

Bukan hanya Jerman, timnas Jepang juga tidak diperbolehkan ikut dalam hajatan terbesar dalam olahraga si kulit bundar.

1938 (Spanyol) Gelaran Jules Rimet 1938 berlangsung di Prancis pada 4 hingga 19 Juni. Di Piala Dunia edisi kali ini, Italia sukses meraih titel juara setelah menundukan Hungaria dengan skor 4-2 di partai final.

Namun, ada satu hal yang kurang dalam gelaran Piala Dunia 1938 yakni absennya timnas Spanyol. FIFA memutuskan untuk melarang La Furia Roja tampil karena saat itu Spanyol masih berada dalam keadaan perang sipil.

1990 (Meskiko) Meksiko didiskualifikasi oleh FIFA pada gelaran Piala Dunia 1990 yang berlangsung di Italia. Federasi Sepak Bola Tertinggi Dunia melarang Meksiko tampil lantaran ketahuan menurunkan pemain di atas usia yang diizinkan oleh FIFA saat babak kualifikasi Kejuaraan Pemuda Dunia 1989

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement