Sabtu 14 Dec 2019 19:00 WIB

Tavares Puas Persija Bertahan di Liga 1

Edson Tavares lega bisa membuat juara bertahan tersebut tetap berada di Liga 1.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Edson Tavares
Foto: DOK MEDIA PERSIJA
Edson Tavares

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta akhirnya memastikan bertahan di Liga 1 Indonesia musim depan. Padahal, musim lalu Persija jadi jawara kompetisi kasta tertinggi Liga Indonesia tersebut.

Perolehan 41 poin Persija tak mungkin lagi bisa dikejar Badak Lampung, Semen Padang, dan Kalteng Putra di dua laga tersisa. Ketiga klub tersebut dipastikan turun kasta musim depan.

Skuat Macan Kemayoran sukses menang besar atas Madura United dengan skor 4-0 pada pekan ke-32 Liga 1 2019, Jumat (13/12). Hattrick penalti yang dicetak Marko Simic dan sepakan jarak jauh Ramdani Lestaluhu tak mampu sekalipun dibalas oleh Beto Goncalves dkk.

Pelatih Persija Edson Tavares pun bersyukur atas hasil ini, mengingat ia bisa memenuhi target manajemen saat ditunjuk untuk menggantikan Julio Banuelos. Ia juga lega bisa membuat juara bertahan Liga 1 terus berada di kompetisi utama, sebab saat ia datang, Persija dalam situasi yang tidak mudah.

''Saya bersyukur akhirnya kami berhasil mencetak 4 gol di laga ini dan tidak kebobolan. Ini hasil yang bagus buat kami. Apalagi dengan ini misi saya berhasil,'' ujar Tavares, dikutip dari laman resmi Persija, Sabtu (14/12).

Tavares menegaskan kalau kedatangannya ke Jakarta adalah untuk menyelamatkan Persija. Karena saat itu, posisi Persija kedua dari bawah klasemen. Lalu di bawah kepemimpinannya, Persija menang 7 kali, 4 kali imbang, dan kalah 4 kali. Sehingga Tavares merasa ini hasil yang sangat baik. ''Terima kasih untuk para pemain, sekarang kami bisa bermain di Liga 1 musim depan,'' ujar pelatih asal Brasil tersebut.

Mantan pelatih tim nasional Vietnam ini juga menambahkan, Persija dalam kondisi tidak ideal saat menumbangkan Madura United. Mengingat ada sejumlah pilar di lini belakang yang absen, yakni Fachruddin Aryanto, Xandao, dan Maman Abdurrahman. Sebab Maman sebelumnya ikut berlatih. Tapi jelang laga, tim fisioterapis menyatakan, Maman tak bisa ikut bertanding.

Sehingga, Tavares menentukan tiga pemain yaitu Ryuji, Tony, dan Ismed. Pilihan kedua, Ryuji, Rohit, Tony, dan Novri dengan Ismed main di babak kedua. Pilihan ketiga, memakai tiga bek yang merupakan formasi favoritnya. Ia sempat bicara dengan pemain untuk menentukan starting dalam waktu singkat. Karena kalau kalah, situasi Persija akan semakin sulit.

''Jadi, kami membuat banyak perubahan line-up. Fitra (Ridwan) jadi starter, Ramdani (Lestaluhu) bermain 90 menit. Tapi, Riko (Simanjuntak) bermain baik hari ini, Fitra juga. Para pemain bermain bagus hari ini,'' jelas Tavares.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement