Senin 16 Dec 2019 12:35 WIB

Mourinho Bicara Jiwa Kepemimpinan Zanetti dan John Terry

Tipe pemain seperti itu sangat menguntungkan pelatih dalam sebuah klub.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho.
Foto: Matt Dunham/AP
Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih anyar Tottenham Hotspur Jose Mourinho berbicara tentang perbedaan besar antara seorang kapten dan pemimpin. Ia mengungkapkan bagaimana pengaruh tipe pemain seperti itu sangat menguntungkan pelatih.

Karier manajerial entrenador berusia 56 tahun itu telah dilalui dengan keluar masuk ruang ganti klub. Seperti, FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, dan Manchester United. Namun, dari banyaknya klub tersebut Mourinho hanya menyebut legenda Inter, Javier Zanetti, dan bek sentral Chelsea John Terry sebagai dua pemimpin terbaik yang pernah ia tangani.

Baca Juga

"Saya punya kapten yang bukan pemimpin. Dua orang seperti Zanetti dan Terry adalah pemimpin dan ketika Anda memiliki para pemimpin ini, Anda menjadi lebih dari seorang pelatih, Anda lebih fokus pada sisi pelatihan itu," ujar Mourinho dilansir Sportbible, Senin (16/12).

Sementara itu, Tottenham memenangkan tiga pertandingan pertama di bawah besutan the Special One. Teranyar, the Lillywhites sukses menghentikan rekor tak terkalahkan Wolverhampton dengan memetik kemenangan 2-1.

Pelatih berpaspor Portugal itu pun mengakui, ia tidak bisa lebih bahagia berada di Spurs di tengah spekulasi yang mengaitkannya dengan Arsenal. "Saya sangat senang di sini sehingga saya bahkan tidak bisa memikirkan kemungkinan untuk pergi ke tempat lain," sambung Mou.

Selanjutnya, Mourinho bakal menjalani laga emosional versus mantan klubnya, Chelsea, pada akhir pekan mendatang. Pertandingan bakal berlangsung di Stadion Tottenham Hotspur, Ahad (22/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement