Sabtu 28 Dec 2019 19:05 WIB

Shin Tae-Yong Resmi Tangani Indonesia

Shin akan menangani Indonesia selama 4 tahun.

Rep: Muhammad Ikhwanudin/ Red: Agung Sasongko
Penandatanganan kontrak dilakukan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan paltih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong di Stadion Pekansari Bogor, Sabtu (28/12)
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Penandatanganan kontrak dilakukan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan paltih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong di Stadion Pekansari Bogor, Sabtu (28/12)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih asal Korea Selatan secara resmi diperkenalkan kepada publik sebagai pelatih timnas Indonesia dengan durasi kontrak empat tahun. Penandatangan kontrak berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12).

"Finalisasi kontrak telah selesai dilaksanakan. Shin Tae-Yong akan menjalankan proyek jangka panjang selama empat tahun," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan pada perkenalan resmi Shin Tae-Yong.

Shin dan Mochamad menandatangani kontrak pada acara yang dihadiri juga wakil Ketua Umum Iwan Budianto dan Sekretaris Jenderal Ratu Tisha. Mochamad yang akrab disapa Iwan Bule itu menuturkan bahwa target terdekat Shin adalah menyelesaikan perjalanan timnas pada kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan sebaik mungkin

"Shin Tae-yong pernah membawa tim nasional Korea Selatan lolos ke Piala Dunia 2018. Selain itu, kemudian juga pernah membawa klub juara di Liga Champions Asia 2010," kata ketua umum PSSI Mochamad Iriawan di Stadion Pekansari Bogor, Sabtu (28/12).

PSSI mengungkapkan pemilihan Shin didasarkan pada pengalaman yang dimiliki oleh pelatih berkebangsaan Korea Selatan tersebut. Shin nantinya akan didampingi oleh empat asisten pelatih yang dibawanya dari Korea Selatan. Selain itu, PSSI juga akan mengutus dua asisten pelatih lokal untuk mendampingi Shin karena dinilai lebih mengenal kultur Indonesia.

Pada Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia berada pada posisi juru kunci setelah lima kali kalah dari lima pertandingan. Mochamad mengatakan selain mengarsiteki timnas senior, Shin juga akan menjadi konsultan untuk timnas U-22 dan U-19.

Shin sendiri mengakui bahwa menangani Indonesia menjadi tantangan tersendiri apalagi Indonesia saat ini menghuni posisi 173 pada daftar peringkat FIFA. "Kelemahan pemain-pemain Indonesia adalah stamina. Untuk itu saya akan mendatangkan pelatih fisik dari Korea," janji Shin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement