Ahad 29 Dec 2019 05:52 WIB

Presiden UEFA Pilih Zimbabwe Sebagai Tempat Berlibur

Aleksander Ceferin bersama keluarga berlibur dengan mengunjungi air terjung Victoria.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andri Saubani
Presiden UEFA Aleksander Ceferin
Foto: EPA/MARTIAL TREZZINI
Presiden UEFA Aleksander Ceferin

REPUBLIKA.CO.ID, HWANGE -- Presiden UEFA Aleksander Ceferin dan istrinya Barbara tiba di Zimbabwe untuk liburan. Dalam kunjungan itu, Ceferin mengagendakan pertemuan dengan pemerintah setempat tentang peluang bidang kerja sama dalam olahraga.

Ceferin mendarat di Bandara Internasional Victoria Falls bersama dengan delegasi 20 orang yang sebagian besar terdiri dari anggota keluarga, termasuk tiga putrinya mereka Nina (26 tahun), Neza (17) dan Ana (14). Pengacara sekaligus pengusaha Slovenia itu disambut oleh Presiden Zimbabwe Phillip Chiyangwa yang bersama mereka sepanjang hari ketika mereka melakukan tur di air terjun.

Dianggap sebagai orang paling kuat di Eropa dalam sepak bola, Ceferin melakukan kunjungan pribadi untuk liburan bersama keluarganya. Walau begitu ia mengatakan kemungkinan area kerja sama bisa saja dibahas.

"Seperti yang telah Anda dengar, saya melakukan kunjungan pribadi ke Zimbabwe, dimana saya belum pernah kesini. Saya akan berbicara tentang sepak bola di Zimbabwe," katanya dalam setelah tiba di bandara dilansir dari The Herald pada Sabtu, (28/12).

Selama kunjungannya selama 12 hari, ia diperkirakan akan mengunjungi beberapa area resor di Binga, Taman Nasional Hwange, Taman Nasional Matopos, Zimbabwe Besar dan Pegunungan Vumba. Ceferin mengatakan, ingin merajut bidang kerja sama pariwisata olahraga.

“Setiap kota seperti ini juga fokus pada wisata olahraga. Jika selain itu Anda memiliki ini apa lagi yang Anda butuhkan?" ujarnya merujuk pada air terjun Victoria.

Ia menyebut air terjun Victoria dapat menarik klub internasional untuk berkemah. Khususnya jika ada sodoran investasi untuk perbaikan infrastruktur.

“Saya tidak tahu tentang infrastruktur disini karena saya belum melihat-lihat, tetapi kita akan berbicara dengan Philip. Kami baru saja bertemu beberapa jam yang lalu dan kami akan membicarakan segalanya," ujarnya.

Ceferin tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya ketika melihat air terjun yang dahsyat itu.

“Ini fantastis dan sangat hangat seperti yang kami inginkan di Eropa,” ucapnya lagi.

Di hutan hujan, Ceferin dan keluarganya berpose untuk berfoto. Ia dan keluarganya memilih untuk mengemudi kendaraan sendiri. Sebelumnya, Ceferin telah berkunjung ke Namibia, Botswana, Tunisia dan Tanzania, di antara negara-negara Afrika lainnya.

Ceferin sendiri menjadi bos UEFA sejak September 2016. Pada Januari tahun ini, SportsPro Media memasukkan Ceferin dalam daftar orang yang paling berpengaruh di industri olahraga.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement