Ahad 29 Dec 2019 21:15 WIB

De Jong Akui Level Liga Primer Lebih Tinggi dari La Liga

Pelatih Manchester City Pep Guardiola adalah pengagum berat De Jong pada musim lalu.

Frenkie de Jong
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Frenkie de Jong

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Gelandang Barcelona Frenkie de Jong mengakui Liga Primer Inggris berada pada level yang sedikit lebih tinggi dari La Liga Spanyol. Mantan gelandang Ajax itu pindah ke Spanyol pada musim panas dan dengan cepat mengokohkan posisinya di skuat asuhan Ernesto Valverde.

Pemain berusia 22 tahun ini telah tampil 18 kali di La Liga mencetak satu gol dan menyumbang dua assist. Ia berandil mengantar klub raksasa Katalunya tersebut berada di puncak klasemen sementara kompetisi domestik.

Setelah menyesuaikan diri dengan baik di Spanyol, De Jong mengamati bahwa Liga Primer tampaknya memiliki tingkat yang sedikit lebih baik, meski tidak terlalu teknis.

“Saya dulu berpikir bahwa La Liga adalah liga sepak bola terkuat di dunia. Anda bisa melihat dominasi mereka di kompetisi-kompetisi Piala Eropa," kata De Jong kepada Mirror pada Ahad (29/12). “Klub-klub Spanyol selalu mengalami kemajuan dan sering meraih trofi utama, Liga Champions, dan Liga Europa.“

De Jong mengakui, Liga Primer Inggris telah mendapatkan kekuatan selama beberapa tahun terakhir. "Dalam hal teknis murni, La Liga lebih baik. Tetapi karena intensitasnya, kompetisi di Inggris berada pada level yang sedikit lebih tinggi.”

De Jong bisa saja bergabung ke Liga Primer Inggris musim ini. Ini apabila Manchester City mewujudkan keinginan Pep Guardiola untuk gelandang asal Belanda itu.

Pelatih timnas Belanda Ronald Koeman mengungkapkan bahwa Guardiola yang melatih City adalah pengagum berat De Jong pada musim lalu.

"Saya sudah lama mendiskusikan dua nama dengan Pep dan keduanya adalah Frenkie de Jong dan Matthijs de Ligt," kata Koeman. “Pep sangat menyukai tipe gelandang seperti Frenkie. Ia ingin tahu semua tentangnya.“

Menurut Koeman, De Jong sekarang adalah salah satu gelandang terbaik di dunia. "Kualitas terbesarnya? Ia memiliki kemampuan untuk menunggu satu atau dua detik sebelum ia memutuskan apa yang akan ia lakukan dengan bola. Dan tiba-tiba dia memberikan operan yang indah dan membuat semua orang berpikir, 'Ya Tuhan!"

De Jong saat ini mungkin memiliki beberapa pengagum terkenal di luar negeri. Pelatih Barca Ernesto Valverde baru-baru ini menekankan bahwa ia mengharapkan lebih banyak dari De Jong di La Liga musim ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement