Senin 30 Dec 2019 23:39 WIB

Ini Dana yang Dikeluarkan Dortmund untuk Boyong Haaland

Haaland membuat klub Jerman itu merogoh kocek lebih dalam.

Erling Haaland
Foto: EPA-EFE/CHRISTIAN BRUNA
Erling Haaland

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Manchester United (MU) harus kalah oleh Borussia Dortmund dalam perburuan mendapatkan penyerang muda Erling Braut Haaland. Padahal, MU sudah berupaya keras mendapatkan Haaland.

Penyerang timnas Norwegia tersebut bergabung dengan klub asal Jerman dengan kontrak lima tahun setelah MU diduga memutuskan mundur pada saat-saat terakhir. Borussia Dortmund memboyong Haaland setelah menebus klausul rilisnya, yang dilaporkan mencapai 20 juta euro atau sekitar Rp 311 miliar.

Baca Juga

Namun, sebuah laporan dari La Gazzetta dello Sport dan Tuttosports yang dilansir Fox Sports pada Ahad (30/12) mengatakan bahwa Haaland membuat klub Jerman merogoh kocek lebih dalam.

Selain klausul rilisnya, Dortmund dilaporkan membayar komisi sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp 233 miliar untuk agen sang pemain, Mino Raiola. Klub Bundesliga tersebut juga membayar 10 juta euro atau sekitar Rp 155 miliar biaya penandatangan kepada ayah Haaland, Alf-Inge Haaland.

Media Jerman Bild juga mengklaim bahwa Haaland akan mengantongi gaji bersih sebesar 8 juta euro atau sekitar Rp 124 miliar per musim hingga 2024, seandainya ia tetap di klub sampai kontraknya habis.

Manchester United, Juventus, dan RB Leipzig juga dikatakan tertarik dengan penyerang jangkung tersebut. Namun, baik United maupun Juventus memutuskan untuk menarik proposal karena tidak mau menerima persyaratan Raiola.

Haaland akan secara resmi didaftarkan sebagai pemain anyar Dortmund setelah bursa transfer Januari terbuka. Ia diperkirakan akan melakukan pertandingan perdananya melawan FC Koln pada 25 Januari 2019. Ia juga akan bisa bermain melawan Paris Saint Germain (PSG) di babak 16 besar Liga Champions.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement