Jumat 03 Jan 2020 07:00 WIB

Jose Mourinho Kritik Wasit Tunduk pada VAR

Mourinho bahkan menyebut VAR sudah tak layak disebut asisten wasit.

Jose Mourinho mengkritik VAR yang menguasai wasit.
Foto: AP/Frank Augstein
Jose Mourinho mengkritik VAR yang menguasai wasit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho mengeluhkan wasit yang terkesan tunduk pada teknologi Video Assistant Referee (VAR). Mourinho bahkan menyebut VAR sudah tak layak disebut asisten wasit karena keputusannya selalu diterima wasit.

Mourinho sebelumnya tidak pernah bekerja di liga dengan penggunaan VAR. Dampak VAR baru dirasakannya saat bergabung dengan Tottenham Hotspur sebagai manajer, enam pekan lalu. Setelah melakoni sembilan pertandingan, ia akhirnya mengkritik VAR.

Baca Juga

“Pada saat ini wasit bukan wasit. VAR harus mengubah nama mereka karena Video Assistant Referee itu tidak benar. Harusnya Video Referee karena mereka yang sekarang jadi wasitnya," kata Mourinho dilansir dari the National pada Kamis (2/1).

Mourinho merasa heran dengan kepatuhan wasit di lapangan terhadap VAR. Padahal VAR merupakan teknologi yang digunakan dari jarak jauh oleh sekelompok orang.

"Aneh, karena Anda melihat wasit di lapangan dan mereka bukan wasit, mereka adalah asisten wasit. Orang-orang lain, mereka adalah orang-orang yang membuat keputusan besar dalam permainan," keluhnya.

Keluhan Mourinho soal VAR wajar saja. Ia mengklaim Spurs harusnya punya kesempatan penalti saat melawan Southampton. Tapi klaim penalti diabaikan oleh wasit pertandingan dan wasit VAR. Gol Harry Kane juga dianulir karena offside. Pasukan Mourinho akhirnya kalah pada laga itu. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement