Ahad 05 Jan 2020 05:10 WIB

Espanyol Tahan Barcelona pada Derby Katalunya

Espanyol menahan Barcelona 2-2 di Stadion RCDE.

Pemain Espanyol Bernardo Espinosa menjaga striker Barcelona Luis Suarez yang mencoba melepaskan tendangan. Espanyol menahan imbang BArcelona 2-2.
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Pemain Espanyol Bernardo Espinosa menjaga striker Barcelona Luis Suarez yang mencoba melepaskan tendangan. Espanyol menahan imbang BArcelona 2-2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona gagal membawa pulang tiga angka dalam laga derby Katalunya. Espanyol menahan Barcelona 2-2 di Stadion RCDE, Ahad (5/1) dini hari WIB. Walau kalah, Barcelona tetap kembali ke puncak klasemen dengan nilai 40, unggul selisih gol dari Real Madrid.

Seperti biasa, El Barca mencoba mendominasi sejak pertandingan dimulai. Anak asuh Ernesto Valverde menerapkan penguasaan bola dengan satu dua sentuhan.

Baca Juga

Pada menit kedua, gelandang Blaugrana, Ivan Rakitic memperoleh peluang. Sayang tembakan jagoan Kroasia itu melenceng dari sasaran.

Setelahnya, tim tamu terus menekan. Lini belakang tuan rumah nampak disiplin menahan gempuran Lionel Messi dan rekan-rekan.

Malang bagi Barcelona, menit ke-23 gawang mereka justru kebobolan. Lewat tendangan bebas, Marco Roca melepaskan umpan silang akurat ke kotak penalti lawan. Bola yang datang disambut David Lopez dengan sundulan, merobek jala Norberto Murara Neto.

Tersengat situasi tersebut, Blaugarana menaikkan tempo permainan. Berbagai peluang sempat diciptakan Luis Suarez cs. Namun skor 1-0 untuk laskar Blanquiazules bertahan hingga turun minum.

Valverde mengambil keputusan tepat pada awal babak kedua dengan memasukkan Arturo Vidal menggantikan Ivan Rakitic. Barcelona segera menyamakan skor ketika Luis Suarez mendorong umpan silang Jordi Alba ke pojok bawah tiang dekat pada menit ke-50.

Suarez kemudian berbalik menjadi pengumpan untuk gol kedua timnya sembilan menit berselang. Operannya dengan tendangan kaki luar mengarahkan bola tepat ke arah Vidal yang menyambutnya dengan tandukan.

Barca tampak hendak menambah gol lagi untuk memastikan tiga poin lebih cepat. Sayangnya, Frenkie De Jong panik dan melakukan pelanggaran yang menyebabkan kartu kuning kedua pada menit ke-75.

Penyerang Espanyol asal China, Wu Lei, nyaris menyamakan kedudukan saat sundulannya diselamatkan oleh penjaga gawang Barcelona, Neto. Tetapi penyerang pengganti itu akhirnya menjebol gawang Neto pada menit ke-88 sekaligus memberikan pelatih Espanyol Abelardo debut yang mengesankan melawan mantan timnya. Abelardo merupakan salah satu bek tangguh Barcelona pada pertengahan 1990-an hingga awal 2000.

sumber : REUTERS
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement