Senin 06 Jan 2020 02:38 WIB

Rooney Jadi Pemain Kunci Kemenangan Derby Atas Palace

Rooney melakukan 77 sentuhan bola, lebih banyak dari pemain Palace lainnya.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Endro Yuwanto
Wayne Rooney
Foto: REPUBLIKA
Wayne Rooney

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tim Championship, Derby County, berhasil mengalahkan tim Liga Primer Inggris, Crystal Palace, dengan skor 1-0 dalam putaran ketiga Piala FA, Ahad (6/1). Kemenangan tipis Derby tak bisa lepas dari sosok pemain veteran, Wayne Rooney.

Pelatih Derby County, Phillip Cocu, mengklaim Wayne Rooney memainkan peran penting dalam kemenangan timnya yang mengejutkan di putaran ketiga Piala FA. Ia menyatakan, gol Martin memang menjadi penentu. Namun, peran Rooney yang ditempatkan sebagai gelandang sangat vital.

"Rooney sangat mempengaruhi permainan karena Anda bisa melihat pengalamannya," kata Cocu tentang Rooney seperti dikutip BBC Sport pada Senin (6/1).

Cocu menyebut Rooney mampu memainkan posisinya dengan cara yang lebih terkontrol. Rooney mampu bekerja sama dengan gelandang Derby, Tom Huddlestone. "Itu menyenangkan untuk ditonton," jelas dia.

Sepanjang laga, Rooney disebut layaknya 'Quarterback'. Mantan pemain Manchester United dan Everton yang berusia 34 tahun itu menjadi motor utama serangan Derby.

Rooney melakukan 77 sentuhan dalam pertandingan, lebih dari pemain Palace mana pun. Ia bermain sebagai gelandang yang lebih mendalam. Ia mampu mengarahkan umpan-umpan cepat ke rekan setimnya.

Rooney tercatat mampu membuat 35 umpan serangan di setengah lapangan Palace. Jumlah itu terbanyak dari anggota penggawa Derby lainnya.

Sifat meledak-ledak dan angkuh yang menandai sebagian besar karier Rooney sebagai penyerang tak terlihat lagi dalam laga Derby kontra Crystal Palace tersebut. Rooney justru tampak sangat tenang. Ketika emosi meledak di antara kedua set pemain setelah bentrokan antara Huddlestone dan Milivojevic di babak kedua, Rooney justru berusaha mendamaikan.

Ini adalah penampilan pertama Rooney di Piala FA sejak ia bermain untuk Everton dua tahun lalu hingga Januari 2018. Kala itu Everton kalah 1-2 dari Liverpool di Anfield.

Derby meraih keuntungan dengan gol pembuka dari Chris Martin. Kaki cepat Jayden Bogle membawa vola melewati bek sayap Palace Jairo Riedewald, dan umpan silangnya disambut oleh Martin, yang mencuri bola di depan Gary Cahill lalu menyodok bola melewati kiper Wayne Hennessey.

Selain itu, diusirnya Kapten Crystal Palace, Milivojevic juga memberikan keunggulan tersendiri bagi Derby County.

Juru taktik Crystal Palace, Roy Hodgson menyadari kemampuan Rooney. Ia pernah memegang Rooney saat menjadi pelatih timnas Inggris. Tetapi timnya gagal mematikan pengaruh Rooney terhadap permainan Derby County.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement