Sabtu 11 Jan 2020 15:18 WIB

Arteta Jadikan David Luiz Sebagai Panutan di Arsenal

Mikel Arteta siap memaksimalkan semua kelebihan Luiz.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
David Luiz.
Foto: EPA
David Luiz.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, mengeluarkan pujian setinggi langit untuk David Luiz. Menurut Arteta, Luiz layak menjadi panutan skuat the Gunners lainnya.

Pesepak bola asal Brasil telah meraih segalanya saat berkostum Chelsea dan Paris Saint-Germain (PSG). Mentalitas pemenang sudah ada dalam DNA sang bek.

Arteta siap memaksimalkan semua kelebihan Luiz. Terutama dari segi sikap di dalam dan luar lapangan.

"Saya ingin dia menempatkan semua kualitasnya, keperibadian dan pengamalannya terhadap tim ini, dan dia membuat langkah besar ke depan," kata juru taktik asal Spanyol, dikutip dari Mirror, Sabtu (11/1).

Kendati memiliki gelar segudang, Luiz, menurut Arteta, belum menunjukkan rasa puas. Palang pintu 32 tahun itu selalu mau belajar.

photo
Mikel Arteta

Arteta senang dengan keadaan itu. Ia juga mengagumi bagaimana jebolan akademi Vitoria berkomunikasi. "Dalam permainan yang dia mainkan di bawah saya, sejauh ini, sangat hebat," ujar sang arsitek tim menambahkan.

Meski demikian, penampilan Luiz tak luput dari kekurangan. Jagoan Selecao itu kerap dikritik lantaran dinilai bermasalah dengan fokus saat mengantisipasi serangan lawan.

Arteta memahami hal itu. Soluasinya adalah penguatan dari segi komunikasi. "Jika Anda tidak berbicara satu sama lain, selalu ada celah (yang bisa ditembus)," ujarnya.

Arteta menganalisis secara keseluruhan. Menurut dia, empat bek yang diturunkan, bisa jadi salah satunya sedang kehilangan fokus. Dalam hal ini, koordinasi menjadi kunci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement