Selasa 14 Jan 2020 15:34 WIB

Pecat Valverde, Tren Barcelona Selama 17 Tahun Terpatahkan

Pelatih terakhir yang dipecat Barca adalah Louis van Gaal pada 26 Januari 2003.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Ernesto Valverde
Foto: EPA-EFE/ALEJANDRO GARCIA
Ernesto Valverde

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mematahkan tren di Barca yang bertahan selama 17 tahun usai memecat pelatih Ernesto Valverde. Dikutip dari AS, Selasa (14/1), pelatih terakhir yang dipecat Barca adalah Louis van Gaal pada 26 Januari 2003.

Saat itu, Van Gaal membuat Barca tertinggal 20 poin di belakang pemimpin klasemen La Liga Spanyol, Real Sociedad, dan hanya tiga poin jaraknya dengan zona degradasi dengan menempati posisi 12 klasemen.

Baca Juga

Bukan itu saja, Barca juga harus tersingkir dari Copa del Rey usai kalah oleh klub sekelas Novelda. Balik ke Van Gaal. Radomir Antic saat itu mengambil alih peran Van Gaal.

Antic menandatangani kontrak selama lima bulan, walaupun Antonio de la Cruz mengambil tanggung jawab pada dua pertandingan.

Kemudian sejak saat itu, setiap pelatih Barca meninggalkan tugas karena kontraknya habis, yakni Frank Rijkaard, Pep Guardiola, Martino (membawa Tito Vilanova sebagai pengganti), dan Luis Enrique.

Di sisi lain, Valverde, yang mempersembahkan dua gelar liga, meninggalkan klub saat La Blaugrana memimpin klasemen La Liga Spanyol.

Barca, yang seolah tak butuh lagi gelar domestik, menjadikan Liga Champions sebagai target utama. Namun sayang, di bawah tangan Valverde, Barca dua kali gagal di fase gugur. Kekalahannya pun menyakitkan.

La Blaugrana menang telah di kandang, lalu tumbang dengan skor besar saat bertandang ke AS Roma dan Liverpool. Kegagalan di Piala Super Spanyol pun jadi titik balik karier Valverde di Camp Nou.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement