Rabu 15 Jan 2020 13:49 WIB

Ini Sebab Barcelona Jadi Klub Terkaya di Dunia

Barcelona diprediksi tetap duduk di puncak klub terkaya untuk periode tahun ini.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Endro Yuwanto
Logo Barcelona FC
Foto: fcbarcelonawallpapers.net
Logo Barcelona FC

REPUBLIKA.CO.ID, Uang sejumlah klub sepak bola di Eropa bisa dibilang fantastis. Klub-klub itu perlu dana besar terutama untuk membayar bintang sepak bola. Perusahaan Deloitte pekan ini merangkum sepuluh klub sepak bola paling kaya di dunia.

Barcelona dan Real Madrid merupakan rival tak hanya di lapangan hijau. Kedua klub bersaing pula sebagai klub terkaya dunia. Kalau tidak Barca, maka Madridlah yang mengisi posisi nomor satu klub terkaya dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga

Perwakilan Deloitte, Dan Jones mengungkapkan, faktor utama di balik kekuatan klub seperti Barca meraih pendapatan ialah pembuatan merchandise dan pengurusan lisensi secara mandiri.

"Barca jelas menjadi contoh klub yang beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar, mereka mengurangi ketergantungan pada pendapatan hak siar dan fokus pada penghasilan lain," kata Dan Jones dilansir dari Talk Sports pada Rabu (15/1).

Jones mengapresiasi kinerja tim bisnis Barca yang mampu mendongkrak pendapatan. "Operasi bisnis klub menghasilkan setidaknya 383,5 juta pound dari total keseluruhan penghasilan. Jumlah ini lebih besar dari pendapatan klub yang ada di urutan ke-12," jelasnya.

Jones memprediksi La Blaugrana tetap duduk di puncak klub terkaya untuk periode tahun ini. Sebab diperkirakan pendapatan Barca naik hingga total 880 juta pound hingga akhir tahun ini. "Klub itu merencanakan pertumbuhan hingga 30 juta pound di bisnis komersil. Kami menduga mereka tetap di posisi tertinggi untuk Money League edisi berikutnya," katanya.

Daftar Klub Sepakbola Terkaya:

1. Barcelona £741,11 juta (Rp 13,1 triliun)

2. Real Madrid £667,5 juta

3. Manchester United £627,1 juta

4. Bayern Munich £581,8 juta

5. Paris St-Germain £560,5 juta

6. Manchester City £538,2 juta

7. Liverpool £533 juta

8. Tottenham £459,3 juta

9. Chelsea £452,2 juta

10. Juventus £405,2 juta

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement