Kamis 16 Jan 2020 02:03 WIB

Penggawa Persib Diingatkan Asia Challenge Laga Pramusim

Persib akan menghadapi Selangor FA asal Malaysia dan Hanoi FC asal Vietnam.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya.
Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung akan mengikuti turnamen Asia Challenge di Malaysia, Sabtu (18/1). Persib akan menghadapi Selangor FA asal Malaysia dan Hanoi FC asal Vietnam.

Pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya menyatakan, jajaran pelatih mengingatkan tim bahwa yang diikuti adalah turnamen pramusim, bukan kompetisi. Sehingga tidak ada target yang ditekankan pada pemain.

"Secara keseluruhan yang penting pemain bisa lakukan adaptasi. kami coba ingatkan lagi bahwa ini turnamen pramusim, bukan turnamen di tengah musim," kata Yaya di SPOrT Jabar, Kota Bandung, Rabu (15/1).

Yaya mengakui turnamen digunakan untuk melihat sejauh mana perkembangan pemain. Sehingga ketika kompetisi nanti tim sudah dalam keadaan siap. "Jadi buat kami adalah bagaimana pemain dalam mengembangkan permainan yang memang di masa pramusim, bukan berusaha untuk mendapatkan sesuatu hingga akhirnya malah cedera," kata dia.

Yaya mencontohkan bagaimana pemain yang cedera di turnamen pramusim sehingga tidak bermain di kompetisi. Ia tidak ingin ada pemain yang cedera saat pramusim.

Dalam latihan terakhirnya sebelum berangkat pun, Yaya menekankan pada adaptasi pemain dalam tim. Apalagi ada tiga pemain yang baru bergabung dan tentunya membutuhkan adaptasi.

Dalam gim internal, tim pelatih menempatkan dua pemain seleksi, Joel Vinicius dan Wander Luiz, dalam satu tim. Namun bukan berarti ketika bertanding nanti kedua pemain akan otomatis dimainkan bersamaan. "Tentunya pilihan terakhirnya ada di pelatih kepala, apakah mereka akan ditempatkan langsung dua pemain atau hanya salah satunya," kata Yaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement