Rabu 15 Jan 2020 18:01 WIB

Ini Rahasia Tubuh Sehat dan Bugar Ala Cristiano Ronaldo

Ronaldo mengakui tak mudah mengelola pola hidup sehat.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Endro Yuwanto
Cristiano Ronaldo
Foto: EPA-EFE/Alessandro Di Marco
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Cristiano Ronaldo buka-bukaan soal rahasia pola makan yang membuatnya tetap bugar di usia 34 tahun. Penyerang Juventus ini menekankan kesehatannya terbentuk berkat pola hidup disiplin.

Walau tak lagi muda, kapten timnas Portugal itu masih haus akan prestasi. Terbukti, ia baru saja diganjar pemain terbaik Serie A Liga Italia dan finalis Ballon d'Or (pemain terbaik dunia). Musim ini, 14 gol dan dua assists sudah ditorehkannya buat Juventus di Serie A.

Ronaldo mengakui tak mudah mengelola pola hidup sehat. Makanan laut, salad, dan ayam menjadi bagian integral dari diet Ronaldo. Pilihan daging ayam dipilih karena rendah lemak dan tinggi protein.

Diet Ronaldo hanya mengatur pola konsumsi yang tepat. Ia masih bisa makan hingga enam kali sehari, asal menyehatkan.

Biasanya, Ronaldo makan daging ham, keju, dan yoghurt rendah lemak untuk sarapan. Lalu dilanjut dua kali makan siang, salah satunya memakan ayam dan salad. Makan siang keduanya wajib berupa tuna, zaitun, telur, dan tomat. Ronaldo boleh ngemil, tapi sebatas buah segar dan alpukat panggang.

Untuk makan malam, Ronaldo boleh melakukannya dua kali. Komposisinya harus mengandung pasangan ikan dan salad atau steak dan kalamari.

Selain itu, sebisa mungkin Ronaldo menjaga pola tidur selama delapan jam tiap hari. Tak ketinggalan, ia juga perlu tidur siang selama lima hari dalam sepekan.

"Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga hasil latihan. Saya tidur dan bangun lebih dulu, khususnya sebelum bertanding. Tidur membantu otot saya pulih," ujar Ronaldo dilansir dari Daily Star pada Rabu (15/1).

Sebelumnya, Ronaldo pernah mengungkap rahasia pola hidupnya dengan YouTube Chrismd. Dalam kesempatan itu, ia mengaku pernah sesekali makan pizza bersama anaknya. "Kuncinya jaga tubuh Anda, latih, pulihkan, dan makan dengan proporsional. Meski kadang saya makan pizza dengan anak saya, kalau tidak maka akan membosankan," ujarnya menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement