Kamis 16 Jan 2020 17:05 WIB

Liverpool Dominasi Tim Terbaik UEFA

Liverpool mendominasi skuat pilihan terbaik Eropa tersebut dengan mengirim 5 wakil.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Liverpool merayakan gelar juara Piala Super Eropa 2019.
Foto: EPA-EFE/SEDAT SUNA
Liverpool merayakan gelar juara Piala Super Eropa 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, NYON -- Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) mengumumkan 11 pemain yang jadi Team of the Year 2019, Kamis (16/1). Pemain yang dipilih berdasarkan voting tersebut diisi oleh tujuh wajah baru, dengan empat di antaranya masih muka lama.

Liverpool mendominasi skuat pilihan terbaik Eropa tersebut dengan mengirim lima wakil. Alisson Becker mengisi posisi kiper untuk pertama kalinya dalam starting XI terbaik versi UEFA ini. Ia berhasil membawa Liverpool menjuarai Liga Champions di Anfield dan kemudian dipilih jadi kiper terbaik di ajang yang sama untuk musim 2018/2019.

Baca Juga

Kiper asal Brasil itu mampu menjaga clean sheet sebanyak 21 kali di Liga Primer Inggris dan membawa Liverpool finis di posisi runner-up. Pemain Liverpool lainnya yang debut adalah Trent Alexander-Arnold. Pemain asal Inggris itu jadi penggawa termuda yang tampil dua kali beruntun pada final Liga Champions.

Pada posisi pemain bertahan lainnya diisi oleh Matthijs de Ligt. Bukan karena ia pindah ke Juventus, melainkan karena penampilan impresifnya bersama Ajax, yang melaju sampai semifinal. De Ligt pun jadi pemain termuda dalam skuat penuh bintang ini. Apalagi, De Ligt bersanding dengan Virgil van Dijk, yang merupakan pemain terbaik UEFA musim lalu. Pemilihan Van Dijk pun dinilai wajar mengingat tahun ini ia jadi runner-up pemain terbaik FIFA dan juga Ballon d'Or.

Dominasi Liverpool di barisan pertahanan kian lengkap dengan terpilihnya Andy Robertson untuk posisi bek kiri. Robertson sama dengan Alisson dan Alexander-Arnold yang baru pertama kali masuk tim terbaik UEFA, berkat 13 penampilan apiknya di Liga Champions musim lalu. Untuk lini tengah, hanya ada dua yang dipilih, yaitu Frenkie De Jong, yang statusnya sama seperti De Ligt, tampil bagus di Ajax dan kini pindah ke Barcelona. De Jong pun baru pertama kali masuk skuat ini.

Bersama De Jong ada gelandang kreatif Manchester City Kevin De Bruyne. Ia berhasil membawa City meraih treble domestik musim lalu dan berperan membawa Belgia jadi tim pertama yang lolos ke Piala Eropa 2020. Menariknya, UEFA menetapkan empat striker dalam formasi 4-2-4 ini.

Empat striker itu pun diisi oleh wajah-wajah lama, khususnya Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Hanya Sadio Mane yang baru pertama kali masuk tim megabintang Eropa ini.

Messi sudah 11 kali masuk tim terbaik UEFA ini, sementara CR7 sudah 14 kali karena memang ia jadi pemain tertua di skuat dengan usianya yang sudah 34 tahun. Masih ada ada penyerang subur Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, yang mencetak 10 gol musim lalu di Liga Champions.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement